SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan tawaran kepada warga negara Singapura untuk tinggal di IKN dalam acara Ecosperity Week 2023 di The Sands Expo & Convention Centre, Singapura, Rabu (7/6/2023). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak warga Singapura untuk tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sikap Jokowi itu didukung penuh oleh partai yang menaunginya, PDIP.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan ajakan Jokowi kepada warga Singapura di acara Sands Expo and Convention Center, Singapura, pada Rabu (7/6/2023), itu menunjukkan politikus Solo tersebut sebagai marketing hebat.

“Ya, bagus sekali (ajakan Jokowi). Pak Presiden Jokowi kan seorang marketing yang hebat, marketer yang hebat, sehingga beliau selalu (dalam) setiap kunjungan ke luar negeri itu menawarkan Indonesia,” ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Menurut dia, Indonesia itu sangat memesona karena memiliki alam yang begitu indah, kebudayaan hingga keramahan penduduk.

Maka Hasto tidak heran apabila Jokowi mengajak warga Singapura untuk tinggal di IKN.

“Hanya harus dikelola oleh politik tata ruang yang baik,” katanya.

Hasto juga menjelaskan Presiden Jokowi membangun IKN atas dasar perubahan cara pandang untuk merespons perpolitikan dunia.

Hal ini disebabkan Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Untuk itu, sambung Hasto, PDIP akan mendukung upaya Jokowi dalam merealisasikan pembangunan IKN.

Sebab, kepemimpinan Jokowi di kancah internasional juga sudah terbukti.

“Kami mendukung sepenuhnya ajakan dari Bapak Presiden Jokowi karena terbukti G20, keketuaan kita di ASEAN, itu dijalankan dengan sangat baik oleh beliau,” jelas Hasto seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan tawaran kepada warga negara Singapura untuk tinggal di IKN dalam acara Ecosperity Week 2023 di The Sands Expo & Convention Centre, Singapura, Rabu (7/6/2023).

Kepada hadirin yang datang ke forum, Jokowi menawarkan IKN sebagai tempat tinggal baru dan ladang investasi menjanjikan.

Tawaran ini disampaikan Jokowi sebagai alternatif yang baik karena harga properti di Singapura semakin mahal.

“Nusantara akan jadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis. Saya tahu harga rumah tahun ini telah naik sangat tinggi. Mungkin tinggal di Nusantara bisa jadi pilihan,” ungkap Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 Tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person (VVIP) untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagaimana salinan resmi Perpres tersebut disebutkan bahwa percepatan pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP perlu segera dilakukan untuk mengembangkan infrastruktur penerbangan dan pendukung konektivitas IKN.

“Bandara VVIP merupakan bandar udara khusus yang digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN,” tulis pasal 2 Perpres tersebut, dikutip dari Antara, Jumat (9/6/2023).

Pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP berlokasi di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Nantinya, kebutuhan lahan, kebutuhan fasilitas dan tata letak fasilitas, serta kawasan keselamatan operasi penerbangan bandar udara ditetapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Dalam Perpres itu, Presiden Jokowi menugaskan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi untuk melakukan percepatan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP IKN.

Pelaksanaan penugasan pembangunan meliputi perencanaan teknis, pengadaan tanah, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, pemeliharaan, dan pendanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya