SOLOPOS.COM - Ketua FPDIP Y.F. Sukasno, Wali Kota Solo Gibran Rakabumig Raka memberikan keterangan tentang penundaan kenaikan tarif PBB 2023 hingga batas waktu yang tidak ditentukan di Pracima Tuin, Selasa (7/2/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rencana PSSI dan FIFA menjadikan Lapangan Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Solo sebagai tempat latihan tim peserta Piala Dunia U-17 didukung sejumlah kalangan. Salah satunya dari Fraksi PDIP DPRD Solo.

“Semoga Lapangan Kampung Sewu bisa dipakai. Kami Fraksi PDIP sangat mendukung. Semoga bisa menjadi pilihan,” ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, Sabtu (29/3/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dia mengaku tahu betul kondisi Lapangan Kampung Sewu. Sebab sudah sejak kecil ia bermain bola dan menjadi wasit pertandingan di lapangan tersebut. Sejak direvitalisasi belum lama ini, lapangan itu sudah kian baik kondisinya.

“Saya itu kan boleh dikatakan sejak kecil di situ, tahu perkembangannya. Mulai lapangan dipakai saya dulu selatan lapangan belum ada rumah-rumah enduduk, masih blumbang. Sekarang sudah banyak hunian penduduk,” imbuh dia.

Sukasno menilai digunakannya Lapangan Kampung Sewu sebagai tempat latihan tim Piala Dunia U-17 akan menjadi daya tarik masyarakat. Utamanya anak-anak yang selama ini bermain bola di situ. Mereka akan termotivasi bermain bola.

“Implikasinya akan luar biasa untuk anak-anak kampung seputaran lapangan, seperti dari Kampung Sewu sendiri, Gandekan, Sangkrah, Jagalan. Saya sangat mendukung, karena dulu lapangan itu, banyak pemain-pemain top Solo,” urai dia.

Sukasno mencontohkan nama besar pemain sepak bola asal Solo, seperti Hong Widodo, Eduard Tjong, Ali, dan nama-nama lain. Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, disebut juga pernah bermain di lapangan itu.

“Dulu beliau penjaga gawang. Teman-teman yang sekarang di Pemkot, OPD banyak juga yang main di situ. Bahkan zaman pemain Arseto, ada yang main di situ, Eduard Tjong,” kata Sukasno.

Beberapa tahun lalu Lapangan Kampung Sewu ditumbuhi semak belukar dan jadi habitat ular. Namun atas usulan Fraksi PDIP DPRD Solo, lapangan itu sudah direvitalisasi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

“Ya kalau itu dipakai untuk tempat latihan tim Piala Dunia U-17, kami sangat mendukung. Semoga terpilih,” ujar dia.

Sukasno mengatakan pada masa jayanya, Lapangan Kampung Sewu merupakan lapangan sepak bola yang paling ramai penonton ketika digelar turnamen di situ. Hanya Lapangan Pajang yang bisa menyamai banyaknya penonton di situ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya