SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah partai politik (parpol) di Klaten mulai memetakan potensi perolehan kursi DPRD Klaten periode 2019-2024. PDIP, PKS, Gerindra, serta PAN masing-masing optimistis bisa membentuk fraksi sendiri lima tahun mendatang.

Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPC PDIP Klaten, Aris Prabowo, mengatakan PDIP berpotensi meraih 18 kursi pada Pemilu 2019. Perolehan itu meningkat satu kursi dibandingkan Pileg 2014 dengan 17 kursi DPRD Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah total kursi DPRD Klaten sebanyak 50 kursi. Potensi perolehan kursi PDIP di DPRD Klaten menyebar di semua dapil. Di dapil 1 (Kalikotes, Kebonarum, Klaten Selatan, Klaten Tengah, Klaten Utara, Ngawen, Wedi), PDIP berpotensi mendapatkan 4 kursi dari sebelumnya 3 kursi. Dapil 2 (Kecamatan Gantiwarno, Jogonalan, Karangnongko, Kemalang, Manisrenggo, Prambanan) berpotensi menghasilkan 3 kursi atau sama dengan perolehan Pileg 2014.

Di Dapil 3 (Jatinom, Karanganom, Polanharjo, Tulung), PDIP berpotensi menambah 1 kursi menjadi 3 kursi. Di Dapil 4 (Ceper, Delanggu, Juwiring, Wonosari), PDIP berpotensi mendapat 3 kursi dari sebelumnya 4 kursi. Lalu di Dapil 5 (Bayat, Cawas, Karangdowo, Pedan, dan Trucuk), PDIP berpotensi mendapatkan 5 kursi atau tetap.

“Untuk dapil 4 belum mencapai target bisa mendapatkan lima kursi. Mudah-mudahan bisa mendapatkan empat kursi di Dapil 4 karena penghitungan masih berjalan. Ini berdasarkan hasil laporan tim yang ada di tingkat kecamatan,” kata Aris kepada Solopos.com, Minggu (21/4/2019).

Sekretaris DPD PAN Klaten, M. Nurcholis Madjid, mengakui PAN bisa meraih empat kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2019. “Setidaknya bisa mengamankan satu fraksi DPRD karena untuk satu fraksi utuh itu dibutuhkan empat kursi,” kata diadi Tonggalan, Klaten Tengah, Senin (22/4/2019).

Ia menuturkan dari hasil perhitungan sementara, potensi perolehan tiga kursi sudah dipastikan di tiga dapil. Saat ini, PAN masih menunggu potensi perolehan kursi salah satu dapil di Klaten.

“Untuk Dapil 1 perolehan suara PAN sudah mencapai 9.000 suara dan saat ini proses penghitungan internal masih berjalan. Dari hasil penghitungan kami, untuk mendapatkan satu kursi di dapil 1 itu butuh lebih dari 7.000 suara,” kata dia.

Sedangkan Ketua Bidang Bappilu DPD PKS Klaten, Aan Widiyanto, mengatakan dari penghitungan sementara, PKS berpotensi mendapatkan lima kursi yang tersebar di semua dapil. Jumlah tersebut sama dengan perolehan kursi PKS pada Pileg 2014 dengan lima kursi yang merata di semua dapil.

“Caleg PKS yang berpotensi mendapatkan kursi ada petahana serta wajah baru. Di dua dapil diisi wajah baru salah satunya di dapil 4,” kata Aan.

Sedangkan Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Mujaeroni, optimistis Gerindra bisa meraih 6 kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2019 atau naik satu kursi dibanding Pileg 2014 dengan lima kursi. Dia mengklaim di dapil 4 ada potensi Gerindra mendapatkan 2 kursi.

“Untuk dapil 4 itu, dari hasil pantauan penghitungan sementara caleg petahana mendapatkan 17.000 suara. Sementara, urutan keduanya mendapatkan 4.000 suara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya