PDIP Beri Catatan Pemerintah Jokowi Soal Penanganan Covid-19

 Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Bisnis-Nancy Junita)

SOLOPOS.COM - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Bisnis-Nancy Junita)

Solopos.com, JAKARTA — DPP PDI Perjuangan atau PDIP menyampaikan sejumlah catatan terkait penanganan Covid-19 kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan catatan itu disampaikan kala Presiden Jokowi sudah menyatakan PPKM Level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang. Perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat itu dilakukan dengan berbagai pembatasan kegiatan sosial ekonomi yang harus diikuti bersama.

“Dari pantauan kami atas kondisi di dalam negeri dan laporan dari saudara kita yang tinggal di negara lain, kondisi yang sama juga dihadapi oleh berbagai negara lainnya di dunia. Varian Delta yang lebih dahsyat penularannya membuat kondisi pandemi semakin memburuk di berbagai belahan bumi. Artinya kita tak sendirian. Kesusahan yang sama juga dihadapi oleh warga negara dunia,” kata Hasto dalam keterangan resmi, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: UEA Ikut Menangguhkan Wisatawan Indonesia

Dari pantauan dan laporan pelaksanaan lapangan, Hasto mengungkapkan salah satu yang krusial adalah sinkronisasi data kependudukan yang diharapkan terus diperbaiki. Hal ini demi memperlancar penyaluran bantuan sosial (bansos).

“Satu data yang sama akan menjadi kunci memastikan suksesnya program bansos yang sudah disiapkan. Selain itu, kami berharap petugas di lapangan memastikan bantuan yang disiapkan pemerintah ini tepat sasaran diterima kepada rakyat yang membutuhkan,” ujarnya.

Catatan lainnya adalah soal percepatan vaksinasi Covid-19. Dia mengatakan kampanye kesadaran akan pentingnya vaksinasi harus dibarengi dengan akselerasi penyediaan vaksin itu sendiri. “Kami harap vaksin yang sudah tersedia dipastikan efektivitasnya mulai dari pengadaan, distribusi, hingga sampai disuntikkan ke warga,” kata Hasto.

Baca Juga: Singapura Batasi Ketat Pendatang dari Indonesia

PDI Perjuangan juga terus mendorong riset dan inovasi untuk menemukan obat yang menyembuhkan Covid-19, selain tentunya riset mengenai vaksinnya. “Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam yang diharapkan bisa jadi obat bagi penyakit ini,” tuturnya,

Satu hal lagi, PDIP dalam catatan penanganan Covid-19 pemerintahan Jokowi juga mendorong agar edukasi mengenai pola hidup sehat yang menguatkan imunitas tubuh semakin diperkuat. Masyarakat, imbuhnya, perlu mengetahui bagaimana pola hidup sehat sampai hal yang detail yang kerap dianggap sepele, tetapi sebenarnya justru krusial dalam menghadapi pandemi serta dampaknya.

Menurutnya, komunikasi serta substansi yang baik serta terencana, menjadi kunci bagi setiap petugas pemerintahan yang melaksanakannya. Lebih lanjut, Hasto mengatakan pihaknya perlu memberi apresiasi pada kekuatan rakyat dalam menghadapi pandemi ini. Khususnya kepada para tenaga medis, petugas kesehatan serta relawan yang berada di garda terdepan dalam memastikan komitmen 3T yakni tracing, testing, dan treatment bisa berjalan dengan baik di lapangan.

Baca Juga: 2 Warga AS Terlibat Pembunuhan Presiden Haiti

Juga atas kegotongroyongan yang terus ditunjukkan oleh masyarakat. Dalam bentuk paling kecil seperti berbagi makanan bagi yang ekonominya sulit atau yang isolasi mandiri, hingga yang menghibahkan harta pribadi.

“Publik sedang dihebohkan dengan hibah Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio di Sumatra Selatan. Semangat utama yang bisa kita lihat adalah kegotongroyongan yang memang kita hidupi sejak nenek moyang kita, yang terangkum dalam Pancasila,” kata Hasto.

Sementara itu, PDIP sendiri menurut Hasto, berkomitmen terus terlibat aktif bersama rakyat dalam menghadapi pandemi. DPP PDI Perjuangan intens melakukan update situasi kondisi serta instruksi ke Tiga Pilar Partai terkait pelaksanaan arahan-arahan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Ikuti Twitter, Instagram Jajaki Konten Berbayar

“Bahwa partai terus bergerak di depan menghadirkan wajah kemanusiaan, seluruh kader partai dari pengurus di struktur, yang duduk di jabatan eksekutif, hingga legislatif, harus turun membantu rakyat. Membuat dapur-dapur umum, membagikan jamu dan obat-obatan, membantu terlaksananya proses vaksinasi, hingga mengampanyekan hidup sehat,” ungkapnya.

Hasto melanjutkan, partai juga memberi perhatian pada peringatan HUT RI pada 17 Agustus mendatang. Peringatan Hari Kemerdekaan RI adalah tradisi tahunan bagi semua. Namun situasi pandemi Covid-19 ini tentu juga tak bisa dihindari.

“Karenanya, kita akan terus memantau situasi dan pada saatnya akan mengeluarkan instruksi khusus mengenai pelaksanaannya,” ujarnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Berita Terkini

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Dua Lembaga Umumkan Kandidat Karya Sastra Terbaik 2021

Karya-karya sastra yang dipapresisasi adalah karya sastra yang bermanfaat dan berpengaruh positif dalam pembangunan karakter bangsa.

10 Berita Terpopuler: Bayangan Hitam Terekam CCTV hingga Kondisi Tukul

Kabar tentang bayangan hitam yang terekam kamera closed circuit television (CCTV) di sebuah rumah di Wonogiri menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (26/9/2021).

Mahasiswa UNS Bikin Sabun Kertas, Inovasi Saat Pandemi

Sabun kertas ciptaan mahasiswa UNS ini menawarkan kepraktisan membersihkan tangan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Ini Tantangan Lulusan ITNY Menjelang Revolusi Industri 5.0

Mahasiswa lulusan ITNY menghadapi sejumlah tantangan dan peluang menjelang Revolusi Industri 5.0.

Azis Syamsuddin Mundur dari Wakil Ketua DPR, Golkar Siapkan Pengganti

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memiliki hak prerogatif untuk menunjuk pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI.

Airlangga dan Cak Imin Jalan Pagi, Diplomasi Politik Menuju 2024?

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jalan pagi dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akrab disapa Cak Imin, diartikan sebagai langkah membangun koalisi.

Bocah 14 Tahun Hilang 5 Hari di Gunung Guntur, Pulang-Pulang Bawa Cerita Mistis

Bocah 14 tahun hilang lima hari di Gunung Guntur, Garut saat mendaki bersama 13 temannya. Ia ditemukan dalam keadaan bingung dan lemas.

Dukung Pendaki Tunadaksa Asal Solo Punya Rumah, Ratusan Orang Tandatangani Petisi Online

Pendaki tunadaksa dari Solo, Sabar Gorky muncul dalam petisi online berjudul Rumah untuk Sabar Gorky yang ditandatangani ratusan orang.

Nasib Azis Syamsuddin di Partai Golkar akan Ditentukan Siang Ini

Partai Golkar akan menyatakan sikapnya siang ini terkait kasus suap yang menjerat kader mereka, Azis Syamsuddin.

Kepuasan Masyarakat Terhadap Vaksinasi Tinggi, Tapi Pelayanan Masih Perlu Diperbaiki

Hasil survei mengungkapkan bahwa masyarakat jauh lebih puas dengan pelayanan vaksinasi oleh sentra vaksinasi yang dikoordinasikan pihak swasta, di rumah sakit atau di klinik swasta. Ketidakpastian soal kapan mendapatkan vaksin kedua membuat sejumlah responden jadi enggan.

10 Berita Terpopuler : Tukul Arwana Punya 200 Kontrakan - Penampakan Jersey Persis Solo

Ulasan tentang kekayaan Tukul hingga penampakan jersey Persis Solo masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Azis Syamsuddin Jadi Tersangka, MKD Percepat Rapat

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) segera menyampaikan sikapnya atas penetapan tersangka Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Viral, Video Warga Berlari ke Jokowi Berbuah Amplop Putih

Upaya warga berlari sembari membawa foto ke Jokowi itu berbuah amplop putih untuknya.

Sesalkan Penahanan, Golkar Minta Azis Syamsuddin Mundur

Jajaran pengurus Partai Golkar pun meminta Azis Syamsuddin mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPR.

Drama Tak Lama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Drama Azis Syamsuddin tak selama yang dibikin seniornya di Partai Golkar, Setya Novanto.