SOLOPOS.COM - Ilustrasi air PDAM (JIBI/Solopos.com/Dok.)

PDAM Tirta Moedal Semarang berniat membangun instalasi pengolahan air (IPA) di Waduk Jatibarang.

Semarangpos.com, SEMARANG Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang menargetkan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di Waduk Jatibarang selesai pada 2018. Pembangunan IPA Waduk Jatibarang ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Semarang terutama yang berada di daerah kekeringan, seperti di beberapa desa di Kecamatan Gunungpat dan Tembalang.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“DED [detail engineering design] sudah jadi. Tinggal pembangunan fisik yang akan kami mulai tahun depan [2017]. Kami targetkan pembangunan [IPA Waduk Jatibarang] selesai 2018 nanti,” jelas Direktur PDAM Tirta Moedal Semarang, Etty Laksmiwati, seperti dilansir situs resmi Pemkot Semarang, Rabu (19/10/2016).

Etty menambahkan pembangunan (IPA) di Waduk Jatibarang menjadi fokus PDAM Tirta Moedal setelah utang-utangnya lunas. Seperti diberitakan Semarangpos.com, utang-utang PDAM Kota Semarang saat ini sudah lunas, sehingga rencana pembangunan IPA Waduk Jatibarang yang akan memiliki kapasitas air sekitar 750 liter/detik akan dimulai tahun 2017 nanti.

“Selain IPA Waduk Jatibarang, saat ini kami juga sedang menyiapkan pembangunan IPA Jatisari dengan kapasitas air 200 liter/detik. Harapan kami tentu untuk meningkatkan pelayanan ke berbagai daerah seperti Gunungpati, Semarang Barat, dan sekitarnya,” beber Etty.

Keseluruhan investasi untuk IPA Waduk Jatibarang diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp1 triliun. Dana pembangunan itu diperoleh dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Semarang serta dari PDAM. Tahun ini DED IPA Waduk Jatibarang yang akan memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Semarang itu sudah selesai. Sementara itu, pembangunannya akan dimulai tahun depan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya