SOLOPOS.COM - Ilustrasi air PDAM (JIBI/Solopos.com/Dok.)

PDAM Kulonprogo untuk IPA belum seluruh warfa dapat mengakses.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Instalasi Pengolah Air (IPA) Salamrejo milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) baru tersambung ke 200 rumah. Padahal, kapasitas fasilitas tersebut mampu memenuhi kebutuhan sekitar 2.000 pelanggan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejauh ini, sambungan ke sejumlah tersebut merupakan pemasangan gratis. Dirut PDAM Tirta Binangun Jumantoro mengatakan IPA Salamrejo memiliki kapasitas 20 liter per detik. Sedianya telah dilakukan perencanaan untuk memasang sambungan ke 1.000 rumah pada 2017 mendatang.

Fasilitas yang divbangun 2015 ini diprediksi mampu melayani masyarakat yang tersebar di Desa Salamrejo, Tuksono, dan Sukoreno. “Termasuk di kawasan industri Sentolo yang kebutuhannya jelas cukup banyak,”ujarnya ketika dikonfirmasi Minggu(27/11).

Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Muhtarom Asrori mengatakan sebaiknya layanan air bersih tersebut bisa segera dioptimalkan secepatnya. Warga Kecamatan Sentolo area selatan sendiri sangat membutuhkan layanan air bersih khususnya ketika memasuki musim kemarau. Pasalnya ,meski merupakan area pegunungan, namun daerah tersebut kerap sulit mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Adapun, jika memang dibutuhkan dukungan infrastruktur untuk mendukung layanan IPA Salamrejo maka sebaiknya segera dilakukan koordinasi dengan pihak terkait. Ia menilai semakin baik infrastruktur yang dibutuhkan terealisasi maka kebutuhan masyarakat akan semakin cepat terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya