Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo mengambil air bersih siap minum di Alun-Alun Kudus didampingi Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini, Kapolres Kudus AKBP Saptono, dan Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf. Sentot Dwi Purnomo, Sabtu (17/8/2019). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus menyediakan anjungan air bersih siap minum di alun-alun setempat. Langkah itu dilakukan sebagai upaya mengurangi botol maupun gelas plastik sekali pakai.

Anjungan air keran siap minum tersebut diresmikan oleh Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo didampingi Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini, Sabtu (17/8/2019). Menurut Plt. Bupati Kudus Hartopo anjungan air keran siap minum bukan hanya disediakan di Alun-Alun Kudus, Jawa Tengah melainkan beberapa titik strategis lainnya juga akan disediakan.

Sebagai percontohan, kata dia, Alun-Alun Kudus menjadi lokasi pertama yang dilengkapi fasilitas air bersih siap minum. Ia mempersilakan masyarakat yang membutuhkan minum untuk memanfaatkannya, terutama yang berkunjung ke Alun-Alun untuk berolahraga atau sedang ada agenda lain.

"Jangan khawatir dengan kualitas airnya karena sudah teruji dan dilengkapi dengan sertifikat hasil uji laboratorium untuk air yang keluar dari kran tersebut," ujarnya.

Air bersih siap minum tersebut, kata dia, merupakan bentuk pelayanan PDAM dan Pemkab Kudus kepada masyarakat sehingga disediakan air minum gratis. Harapannya, lanjut Hartopo, dengan disediakannya ajungan air keran siap minum bisa mengurangi sampah plastik, terutama botol maupun gelas yang selama ini menjadi kemasan air mineral.

Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini menambahkan anjungan air keran siap minum rencananya akan ditambah tiga unit yang tersebar di beberapa titik strategis. "Kami menargetkan tiga unit lainnya bisa direalisasikan tahun 2020," ujarnya.

Nilai investasi untuk setiap unit anjungan air keran siap minum, kata dia, berkisar Rp85 juta. Air bersih siap minum yang disediakan tersebut, kata dia, merupakan air dari saluran pipa PDAM Kudus, namun di anjungan tersebut disediakan alat filterisasi sehingga air yang keluar melalui keran siap diminum.

Anjungan tersebut, katanya, memiliki kapasitas 25 liter air bersih siap diminum. Seusai diresmikan, para pejabat di lingkungan Pemkab Kudus maupun Forkompinda juga ikut mencoba air bersih siap minum yang berada di pojok Alun-alun Kudus itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten