SOLOPOS.COM - Suharno (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Suharno (JIBI/SOLOPOS/Dok)

WONOGIRI-PDAM Wonogiri mendapat bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum (KemenPU) untuk pembangunan Instalasi Kota Kecamatan (IKK) sekitar Rp13,9 miliar di tahun 2012. Bantuan itu akan dialokasikan untuk pembangunan IKK di dua kecamatan yakni Purwantoro dan Wuryantoro.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Saat ini, proses administrasi sudah selesai. Hanya tinggal menunggu lelang sekitar tanggal 15 Februari 2012 di PU pusat. Itu merupakan usulan kami untuk peningkatan kualitas air PDAM di wilayah Wonogiri Timur,” jelas Direktur PDAM Wonogiri, Suharno, saat dijumpai wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (20/1/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menambahkan, di wilayah Jawa Tengah (Jateng) ada dua kabupaten yang menerima bantuan IKK tersebut yakni Banjarnegara dengan satu titik dan Wonogiri dengan dua titik. Satu IKK tersebut, lanjut dia, mampu menyuplai air bersih untuk 2.000 pelanggan. Pihaknya menerima bantuan itu dalam bentuk bangunan jadi.

Terkait tingkat kejernihan air dari PDAM yang terkadang keruh dan dikeluhkan pelanggan, ia menyatakan hal itu disebabkan air yang berasal dari sungai langsung dialirkan ke pelanggan. Air tersebut dialirkan tanpa melalui pengolahan terlebih dulu dari reservoir, sehingga ada yang bercampur dengan lumpur.

Maka, saat musim penghujan, pihaknya lebih sering menutup aliran air agar air yang sudah bening tidak menjadi keruh. Jadi, aliran air yang mengalir ke pelanggan terkadang tidak banyak. Sedangkan saat kemarau, air yang mengalir akan tetap jernih.

Di tahun 2012, pihaknya juga akan berkonsentrasi pada pembenahan alat-alat pengolahan air untuk meningkatkan kualitas air. Saat ini PDAM telah memiliki sejumlah reservoir untuk pengolahan air, di antaranya di Boto, Manyaran, Grobog, Wonogiri Kota, Gunung Gandul dan Baturetno. JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya