SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Nurul Hidayat/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Nurul Hidayat/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengganggarkan penyertaan modal senilai Rp1 miliar kepada Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Sub Bagian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bagian Perekonomian, Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Srihadi, mengatakan dana senilai Rp1 miliar itu sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012.

Hingga kini, manajemen PD Aneka Usaha baru mengajukan pencairan penyertaan modal tersebut. “Pengajuan pencairan penyertaan modal itu sudah kami terima dan sudah kami sampaikan ke Pak Bupati. Nanti Pak Bupati yang berkenan menyetujui pencairan penyertaan modal itu,” ujar Srihadi saat ditemui wartawan di sela-sela kesibukannya, Jumat (22/6/2012).

Srihadi menjelaskan, PD Aneka Usaha sejak 2008 silam tidak menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) kepada Pemkab Klaten. Hal itu dikarenakan kolapnya beberapa unit seperti jasa transportasi, perbengkelan, dan sarana produksi pertanian. Dia berharap PD Aneka Usaha bisa berkontribusi dalam menyumbang PAD pada 2013 mendatang. “Tahun 2012, PD Aneka Usaha belum bisa menyumbagkan PAD. Saya berharap tahun ini bisa memiliki laba yang cukup sehingga bisa menyumbangkan PAD pada tahun mendatang,” ujar Srihadi.

Sementara itu, Direktur Utama PD Aneka Usaha, Sukardi, menjelaskan 54% dari dana senilai Rp1 miliar itu rencananya akan digunakan untuk pengadaan kelengkapan pada unit usaha alat tulis kantor (ATK), percetakan, dan apotik. Sementara 46% sisanya akan digunakan untuk pemeliharaan sejumlah kelengkapan yang sudah ada. “Dana itu sebagian besar untuk penunjang unit usaha yang sudah ada,” kata Sukardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya