SOLOPOS.COM - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menyusul langkah kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting, ke babak perempat final All England Open 2024, Kamis (14/3/2024). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyiapkan 20 pemain untuk berkiprah di ajang Piala Thomas dan Uber 2024.

Laman pbsi.id menulis, pemilihan 20 pemain untuk kontingen Merah Putih ini didasarkan pada hasil diskusi dengan para pelatih dan analisis performa pemain selama ini.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

“Baik di Piala Thomas maupun Uber, pemilihan pemain sudah berdasarkan hasil diskusi dengan para pelatih dan juga Koh Christian (Hadinata). Bagaimana keseharian di pelatnas, kondisi terkini hingga performa di beberapa pertandingan terakhir,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Ricky Soebagja, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Nantinya, kata Ricky, Tim Merah Putih akan melakukan persiapan sebelum berkiprah pada turnamen beregu putra dan putri paling prestisius yang digelar pada 27 April hingga 5 Mei mendatang di Chengdu, China.

Di Tim Thomas, Indonesia menurunkan kekuatan terbaik mulai dari Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan yang akan bersaing di nomor tunggal.

Sedangkan untuk nomor ganda, Indonesia dipastikan diperkuat Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin.

“Piala Thomas dan Uber adalah turnamen beregu yang sangat penting dan melihat perjalanannya, khusus di Piala Thomas kita bisa menjadi juara di tahun 2021 di Aarhus, Denmark dan menjadi finalis dua tahun lalu di Bangkok, Thailand. Di tahun ini Tim Thomas menurunkan kekuatan terbaik untuk bisa kita perjuangkan dan raih kembali supremasi kebanggaan itu,” ujar Ricky.

“Setelah turnamen menuju Olimpiade selesai, target selanjutnya adalah Piala Thomas sebelum nanti puncaknya di Olimpiade,” tegas Ricky.

Di Piala Uber, kombinasi pemain senior dan pemain muda menghiasi tim Merah-Putih. Di nomor tunggal nama-nama seperti Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Ruzana bakal menjadi andalan.

Sementara di nomor ganda tim Merah Putih bakal diisi oleh Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Lanny Tria Mayasari, Rachel Allessya Rose dan Meilysa Trias Puspitasari.

“Kembali lagi berdasarkan hasil diskusi dengan pelatih akhirnya diputuskan bersama untuk memasukkan beberapa pemain-pemain muda. Bukan hanya untuk memberikan jam terbang untuk mereka tapi bagaimana hasil di beberapa turnamen terakhir sehingga kami memilih Ruzana dan Rachel/Trias untuk masuk ke dalam tim, menggantikan Putri Kusuma Wardani dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi,” sahut Ricky.

Ricky yakin baik tim Thomas maupun Uber mampu melewati tantangan pertama yaitu lolos dari penyisihan grup dan berbicara banyak di kompetisi kali ini.

“Persiapan memang tidak panjang, hanya satu minggu lebih setelah Kejuaraan Asia kemarin tapi para pelatih pastinya sudah mempersiapkan dari jauh hari. Selain itu, dari segi kekuatan dan calon lawan, tidak jauh berbeda dengan turnamen biasanya,” kata Ricky.

“Untuk lolos dari grup baik tim Thomas maupun tim Uber saya yakin kansnya besar, tinggal bagaimana para pemain nanti bisa tampil lepas dan optimal,” tutup Ricky.

Tim Thomas Indonesia tergabung di grup C bersama dengan India, Thailand dan Inggris. Sementara tim Uber Indonesia juga berada di grup C bersama Jepang, Hong Kong dan Uganda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya