SOLOPOS.COM - Anggota Pawartos membagikan masker. (istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO - Paguyuban Warga Ageng Kartasura (Pawartos) terus bergerak untuk membantu pencegahan penularan virus corona. Kini, Pawartos bagi-bagi 1.000 masker kepada masyarakat, Rabu (15/4/2020).

Sebelumnya, Pawartos juga sudah memfasilitasi alat Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS), penyemprotan insektisida, pembagian Handsanitizer dan membantu Alat Perlindungan Diri (APD) ke puskesmas dan klinik2 kesehatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penarikan Cukai Libur 3 Bulan, Harga Rokok Bakal Turun

Masker sendiri menjadi alat yang penting di tengah pandemi corona saat ini. Masker dianggap sebagai alat yang bisa mencegah penularan. Pawartos sadar akan hal itu, sehingga mereka membagikan masker secara gratis kepada warga yang membutuhkan.

Apalagi, harga masker saat ini melambung tinggi akibat kelangkaan di pasaran. Tak cuma membagikan masker, Pawartos juga ingin meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan masker di tengah wabah corona seperti ini.

Tambah 1, Ada 5 Pasien Positif Covid-19 Meninggal di RSUD Moewardi Solo

Pada pembagian masker kali ini, Pawartos menyasar orang-orang yang berada di Pasar Kartasura. Hal itu dilakukan karena pasar merupakan tempat jual beli yang mengakibatkan banyak kerumunan masa sehingga kemungkinan penularan virus menjadi sangat besar.

Edukasi ke Masyarakat

Sasaran utama Pawartos dalam pembagian masker kali ini adalah pedagang, pembeli, tukang becak, dan petugas parkir yang tidak menggunakan masker. Pawartos berharap dengan kegiatan ini tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat bertransaksi jual beli ditengah wabah covid 19.

Anggota Pawartos (istimewa)

"Selain membagikan masker, kami juga berupaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memakai masker saat berpergian agar tidak terkena virus Covid-19," kata anggota Pawartos, Ipoet, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (16/4/2020).

"Apalagi menurut data yang dirilis oleh pemerintah bahwa penyebaran virus Covid-19 semakin bertambah dan dirasa sudah ada di sekeliling kita. Untuk itu harapan kami, masyarakat harus lebih kuat membentengi diri dari virus ini," imbuhnya.

Kritis, Jumlah Jenazah Dimakamkan Protap Covid-19 di Jakarta Tembus 1.000

Masker yang dibagikan oleh Pawartos kali ini merupakan masker kain. Mereka membuat dan mengumpulkan masker tersebut sebelum dibagikan kepada masyarakat.

Aksi sosial yang dilakukan Pawartos itu berlanjut pada Kamis. Bekerjasama dengan GKJ, Pawartos membagikan sembako dan masker ke beberapa wilayah di Kartasura melalui 42 Posko Mandiri yang didirikan oleh warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya