Ilustrasi khitanan massal. (Istimewa-Sri Widodo)

Semarangpos.com, SEMARANG – Paguyuban Warga Salatiga (Pawarsa) di Jakarta akan kembali menggelar acara khitan massal. Kegiatan bakti sosial yang digelar di RSUP Dr. Ario Wirawan, Ngawen, Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) itu akan berlangsung, Sabtu (29/6/2019) nanti.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pawarsa Jakarta, Supriyanto, mengatakan bakti sosial berupa khitan massal ini merupakan agenda tahunan kelompoknya. Tahun ini, acara khitan massal itu merupakan yang ke-19 kalinya dilaksanakan.

“Setiap tahun kita memberikan kesempatan kepada 100 anak dari kalangan tidak mampu di Salatiga untuk mengikuti khitan massal. Kalau dihitung-hitung ini, sampai saat ini berarti sudah 1.900 anak yang kita khitan,” ujar Totok saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa (25/6/2019).

Totok mengatakan Pawarsa merupakan perkumpulan warga yang memiliki ikatan emosional dengan Salatiga. Mereka bermukim di berbagai daerah yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Cilacap, dan Yogyakarta.

“Pawarsa itu ada di seluruh nusantara. Tapi, kebetulan yang menggelar acara ini Pawarsa yang ada di Jakarta. Pawarsa enggak selalu diperuntukkan bagi warga asli Salatiga, tapi juga orang yang pernah tinggal atau memiliki ikatan emosional dengan Salatiga,” imbuhnya.

Totok menambahkan kegiatan bakti sosial berupa khitanan massal memang sengaja digelar secara rutin setiap tahunnya. Hal itu dilakukan guna mempertebal ikatan persaudaraan dan tali silaturahmi antarwarga asal Salatiga.

Selain khitanan massal, acara bakti sosial Pawarsa Jakarta nanti juga akan digelar beberapa kegiatan lain. Kegiatan itu antara lain, silaturahmi dan makan bersama warga di Restoran Joglo Rini, seminar sekuriti yang juga digelar di Restoran Joglo Rini, serta membagikan 1.000 pasang sandal wudu di 25 masjid dan 50 musala yang tersebar di Salatiga.

“Intinya, meski kami sudah tidak tinggal di Salatiga, kami ingin tetap memberikan kontribusi pada kota yang kami cintai. Salah satunya, yakni dengan kegiatan sosial ini. Semoga ini bisa memberikan manfaat bagi warga Kota Salatiga,” kata Totok.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten