SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SEMARANG–DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jateng, menyiapkan pengganti Wakil Ketua DPR Jateng, Riza Kurniawan yang sampai sekarang masih kosong. ”Ada tiga nama anggota Fraksi PAN DPRD Jateng disiapkan menggantikan Riza,” kata fugsionaris DPW PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly kepada wartawan di Semarang, Senin (17/9/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tiga nama itu masing-masing Ketua FPAN DPRD Jateng, Khafid Sirotudin, anggota Komisi B Asroroeddin Hadi, dan Sekretaris Komisi D, Jayus. ”Sebenarnya yang paling berpeluang menggantikan Riza, Pak Amin Makhsun [anggota Komisi E], tapi beliau tak mau,” ujarnya.

Seperti diketahui sejak 5 Juni 2012, Riza Kurniawan, ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Magelang, setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana bantuan sosial Provinsi Jateng senilai Rp1,3 miliar.

Praktis sejak itu jabatan Wakil Ketua DPRD Jateng yang menjadi jatah PAN tersebut kosong, sampai sekarang.
Menurut Wahyudin, pembahasan penggantian Riza sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng telah dibicarakan pada pertemuan di Kantor DPW PAN Jateng, Kedungmundu, Kota Semarang pada, Kamis (13/9/2012) sore.

Dalam pertemuan itu dihadiri pula Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPP PAN, yang juga mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais. ”Pada pertemuan itu Pak Amien memang meminta agar jabatan FPAN di Dewan yang kosong segera diisi. Namun memang tak secara khusus menunjuk Riza, tapi kami segera merespon,” ungkapnya.

Selain jabatan Wakil Ketua DPRD Jateng, di DPRD Kota Semarang, jabatan Ketua FPAN juga sejak Juni lalu juga kosong, setelah ketuanya Agung Purno Sardjono ditahan karena suap pembahasan RAPBD 2012. Bahkan Agung dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang telah dijatuhi hukuman 3,5 tahun penjara.

Terpisah Asroroeddin Hadi, ketika dikonfirmasi wartawan di Gedung DPRD Jateng tentang pencalonan dirinya sebagai Wakil Ketua Dewan, tak bersedia berkomentar. ”Saya tak berkomentar, semua anggota FPAN mempunyai peluang sama,” kata dia singkat.

Sementara Wakil Ketua DPRD Jateng, A Fikri Faqih, menyatakan penggantian posisi Riza Kurniawan tidak mendesak.
Menurut dia, kekosongan posisi Wakil Ketua Dewan dari PAN tersebut tidak mengganggu kinerja pimpinan DPRD, karena masih ada tiga wakil ketua yang bisa menangani tugas-tugas pimpinan Dewan.

“Meski posisi Pak Riza kosong, tak menggangu kinerja pimpinan Dewan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya