SOLOPOS.COM - Paus Fransiskus (Tony Gentyile - Reuters)

Paus Fransiskus membuka layanan laundry gratis untuk tunawisma di Roma, Italia.

Solopos.com, VATIKAN – Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, baru saja membuka tempat mencuci pakaian gratis untuk tunawisma di Kota Roma, Italia. Di tempat tersebut, mereka bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ada mulai dari mesin cuci, detergen, mesin pengering, serta setrika yang disediakan secara cuma-cuma.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir The Independent, Selasa (141/4/2017), tempat yang diberi nama The Pope’s Laundry itu sengaja dibangun untuk meringankan beban hidup tunawisma. Pihak pengelola gereja Vatikan menyebut proyek ini sebagai cara untuk meningkatkan martabat tunawisma yang selama ini dicemooh.

Ekspedisi Mudik 2024

Tempat cuci gratis itu diresmikan oleh pendeta Konrad Krajewski, Senin (10/4/2017). Tempat cuci yang dikelola komunitas San’tDiego itu terletak di kawasan Trastevere, Roma, berdekatan dengan rumah sakit tua, People of Center Peace. Nantinya, para relawan dari komunitas itulah yang akan mencucikan baju para tunawisma tersebut.

Komunitas tersebut memang telah melayani para tunawisma di Roma selama 10 tahun. Mereka memang berfokus memberikan pelayanan kepada masyarakat paling miskin. “Orang miskin, terutama mereka yang tidak punya tempat tinggal tetap bisa mendapat kemudahan di sini. Kamu akan melayani mereka dengan baik layaknya keluarga,” tutur salah seorang anggota komunitas tersebut.

Bahkan, dalam beberapa bulan ke depan, pengelola gereja Vatikan juga akan menyediakan layanan kamar mandi, tukang cukur, serta pusat kesehatan gratis untuk tunawisma.

“Kami telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mewujudkan hal tersebut. Saat ini telah ada dua perusahaan yang bersedia menyumbangkan pisau dan sabun cukur gratis,” tutur salah satu pihak gereja Vatikan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya