Kategori: Internasional

Paus Fransiskus Bakal Pimpin Misa Kamis Putih di Penjara


Solopos.com/JIBI/Kabar24
Paus Fransiskus/JIBI/Kabar24

VATIKAN—Paus Fransiskus asal Argentina kembali membuat gebrakan.

Alih-alih di Basilika yang merupakan tempat biasanya misa digelar, Fransiskus akan mengadakan misa utama pekan suci pada minggu depan di kapel penjara anak-anak. Misa Kamis Putih itu akan diadakan pada Kamis (28/3/2013) mendatang.

Fransiskus akan memimpin misa Kamis Putih pada siang hari di penjara anak-anak Casal del Marmo di pinggiran Roma. Pada misa tersebut Bapa Suci akan membasuh dan mencium kaki 12 orang umat untuk mengenang sikap rendah hati Yesus terhadap para Rasul pada malam menjelang wafat Yesus.

Sepanjang ingatan, semua Paus menyelenggarakan misa Kamis Putih di Basilika Santo Petrus di Vatikan atau di Basilika Santo Yohanes di Lateran, yang merupakan gereja katedral Paus sebagai uskup Roma.

Juru bicara Vatikan mengatakan tidak dapat mengingat apakah misa Kamis Putih pernah diselenggarakan di tempat lain. Ketika menjadi Uskup di Buenos Aires, mantan Kardinal Jorge Mario Bergoglio itu kerap mengadakan misa Kamis Putih di penjara, rumah sakit, panti jompo atau bersama kaum papa.

Bapa Suci juga sekaligus adalah uskup Roma dan keputusannya untuk memimpin misa di penjara menunjukkan bahwa Paus Fransiskus berniat mengemban jabatannya dengan sepenuh hati.

Misa Kamis Putih adalah salah satu dari rangkaian ibadah selama pekan suci menjelang Paskah yang dijalani umat katolik, tahun ini berlangsung mulai 24 Maret hingga 31 Maret.

Share
Dipublikasikan oleh
Esdras Ginting