Kategori: Internasional

PAUS BARU: Inilah Tweet Pertama Paus Fransiskus


Solopos.com/Tomi Kurniawan/JIBI/SOLOPOS
Paus Fransiskus (world.nbcnews.com)

SOLO—Baru saja dinobatkan menjadi Paus baru menggantikan Paus Benekditus XVI, Paus Fransiskus langsung menyapa warga Twitter di seluruh dunia. Akun Twitter Paus yang telah diverifikasi oleh pihak Twitter sebagai akun sebenarnya adalah @pontifex.

Akun @pontifex sendiri memiliki delapan akun alih bahasa lain seperti @pontifex_it, @pontifex_id dan enam akun lainnya. Tweet pertama Paus adalah Habemus Papam Franciscum "Kita memiliki Paus Fransiskus” ini ia Tweet pada Kamis (14/3/2013) pagi waktu Indonesia.

Uniknya, meski baru berkicau satu kali namun kicaun tersebut sampai berita ini ditulis sudah diretweet oleh akun Twitter lain sebanyak 79.135 kali. Selain diretweet, kicauan ini juga telah ditandai untuk dijadikan Tweet favorit sebanyak 22.938 kali.

Akun @pontifex yang dulunya telah digunakan oleh Paus Benekditus XVI dan kemudian direset ulang oleh pihak Twitter sejak 28 Februari karena permintaan Vatikan.

Saat ini @pontifex sudah  memiliki 1.828.030 pengikut. Warga Twitter pun menanggapi Tweet pertama Paus Fransiskus tersebut dengan berbagai argumen.

akun @crowdgather  Merasa tersanjung karena telah meretweet kicauan pertama dari Paus, “I am excited to retweet the first Internet communication of the new Papacy!”

Selain kicauan dari @crowdgather, beberapa kicauan dari pengguna twitter di Indonesia juga mengapresiasi Tweet pertama Paus. @sukajus menulis,“Ah, langsung aktif ternyata... proficiat Paus Fransiskus!”

@molehsexy menuliskan, “Terima kasih Bapa, Engkau telah menunjuk seorang gembala bagi umat-Mu."

Bukan Fransiskus I

Kamis (14/3/2013) dini hari waktu Indonesia Jose Mario Bergoglio kardinal Argetina terpilih menjadi Paus baru menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri.  Berita yang beredar luas saat ini Paus terpilih, memilih menggunakan nama Paus Fransiskus I.

Karena kabar ini, pihak Vatikan akhirnya mengklarifikasi nama yang digunakan oleh paus baru. Jose Mario memilih menggunakan nama Fransiskus, yang akhirnya menjadikan media-media pemberitaan menamainya dengan sebutan Paus Fransiskus I.

Vatikan hanya mengumumkan bahwa Jose mario menggunakan nama Paus Fransiskus bukan Fransiskus 1. Hal ini seperti yang diutarakan oleh juru bicara vatikan Rev, Federico Lombardi bahwa ketika kardinal mengumumkan nama paus yang baru di Balkon Basilikia st. Petrus hanya menggunakan nama fransiskus.

“Ini [nama Paus] akan menjadi Fransiskus I jika nantinya kita sudah punya Fransiskus II,” gurau Rev Federico Lombardi yang dikutip di Los angeles times, Kamis (14/3/2013).

Jose Mario Bergoglio sendiri menjadi Paus pertama yang berasal dari Amerika Selatan setelah dirinya dipilih oleh kardinal. Pemimpin umat Katolik dunia ini dikena l dengan kesederhanaannya.

Share
Dipublikasikan oleh
Rini Yustiningsih