SOLOPOS.COM - Petugas menurunkan aspal plastik bantuan CSR PT Polytama Propindo di Desa Paulan Sabtu (26/12/2020). (Istimewa/ Pemdes Paulan)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, menerima bantuan aspal plastik (aspal polimer) dari PT Polytama Propindo sebanyak 4.830 kilogram pada Sabtu (26/12/2020). Dengan bantuan tersebut, Desa Paulan menjadi desa pertama di Karanganyar yang memiliki jalan beraspal plastik.

Kades Paulan, Joko Margono, mengatakan bantuan aspal tersebut awalnya akan diaplikasikan di ruas jalan menuju TPS Tuntas Desa. Namun, karena ruas jalan tersebut mendapatkan bantuan pengaspalan dari Pemkab Karanganyar, maka program dialihkan ke jalan yang melintas di sebelah lapangan olahraga Desa Paulan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Keren, Desa Tuban Karanganyar Bakal Punya Sport Center

“Sebenarnya pembicaraan soal bantuan ini sudah lama. Perusahaan yang membantu itu sama dengan perusahaan yang membantu kami membangun fasilitas penyulingan asap untuk dijadikan pestisida. Awalnya sasaran pengaspalan di jalan menuju TPS. Tapi, kemudian karena sudah dibangun Pemkab, jadi kami rundingkan kembali untuk dialihkan. Ternyata mereka mau, dan bahan aspalnya sudah dikirim kemarin [Sabtu],” ujar Joko ketika dihubungi Solopos.com, Minggu (27/12/2020).

Aspal plastik tersebut akan di ruas ruas jalan dengan lebar 5 meter dan panjang 250 meter. Menurut Joko, pengaplikasian aspal plastik di jalan desa baru pertama kali dilakukan di Colomadu bahkan Karanganyar. Sehingga, desanya menjadi salah satu pelopor dalam menerapkan metode baru pengembangan fasilitas umum tersebut.

Jumlah Pengunjung Anjlok, Destinasi Wisata di Karanganyar Lesu Saat Libur Natal

“Nanti ada pelebaran jalan juga 0,5 meter dari titik as jalan sebelumnya. Ini memang yang pertama kali di Colomadu. Kami harap penerapan ini bisa membuat jalan menjadi lebih awet. Karena kalau dari spesifikasi yang diberitahukan, kalau menggunakan aspal polimer jadi lebih awet dan kuat kalau dibandingkan aspal pada umumnya,” beber dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya