SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Artis sekaligus publik figur Prisia Nasution bersama beberapa rekan sejawatnya aktif mengampanyekan gerakan sosial Peduli itu Tidak Diam, yang menyasar pada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), berkolaborasi dengan BARDI Smart Home Indonesia.

Prisia yang juga merupakan eks atlet pencak silat dan penggemar olahraga bola basket tersebut rencananya akan menggelar kegiatan acara Sports Charity Program yang melibatkan ODGJ bersama beberapa komunitas basket yang rencananya akan dilangsungkan pada Minggu (23/1/2022) di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Agenda ini juga merupakan rangkaian kampanye dari gerakan Peduli itu Tidak Diampada 2022. Wanita berdarah campuran Batak dan Jawa ini mengatakan, ini merupakan kegiatan sosial yang diusung oleh Kopi Panas Foundation (KPF) yang ia dirikan untuk membantu sesama Kemanusiaan saat ini khususnya ODGJ.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kegelisahan saya terhadap teman-teman ODGJ itu dimulai pada tahun 2016, saat itu ada satu momen di mana saya melihat seorang ODGJ sedang berada di jalan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Hal itu terus membekas dalam memori saya dan kemudian saya terpanggil untuk memberikan perhatian lebih khususnya kepada teman-teman ODGJ,” ujarnya, dikutip Bisnis.com, Kamis (20/1/2022).

Dia mengatakan yang perlu diinformasikan dan diluruskan kepada masyarakat adalah stigma tentang ODGJ itu meresahkan 100% tidak benar. Banyak dari mereka yang juga bisa secara perlahan sembuh walau dengan proses yang membutuhkan waktu yang lama dan tentunya perhatian dari kita.

“Mereka bisa berinteraksi dengan kita dan tugas memperhatikan ODGJ jangan lantas ditujukan kepada pemerintah [dinas sosial atau Kementerian Kesehatan] saja, sebagai sesama umat manusia kita pun bisa membantu meringankan beban mereka baik dalam bentuk dukungan materi dan nonmateri. Kita yang normal pun bisa juga mengidap ODGJ karena kita tidak mampu meredam stres dalam keseharian kita. Untuk itu perlu adanya wadah yang baik guna membantu ODGJ dan juga mencegah orang-orang supaya tidak centering mengidap ODGJ,” paparnya.

Selain Sports Charity Program, empat rangkaian program lainnya adalah Happy Sharing yakni kunjungan ke Panti ODGJ Mitra KPF, bersama BARDI ini akan menjadi rangkaian program Happy Sharing ke-26 dan akan berlangsung 11 kali Happy Sharing pada 2022. Kemudian ada Rumah Asa, program membangun atau merenovasi panti ODGJ mitra KPF.

“Lalu ada ODGJ berkarya, yakni program pelatihan untuk teman-teman ODGJ, saat ini khususnya di bidang olahraga. Yang terakhir adalah Ngopi Bareng ODGJ yang merupakan talkshow bersama teman-teman ODGJ. Rangkaian program ini baru pertama kali dan akan segera tayang di Channel Youtube Kopi Panas Foundation,” sambungnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya