Patut Dicoba, Ini 4 Rekomendasi Tempat Kuliner Kepala Manyung di Semarang

Berikut rekomendasi empat tempat kuliner yang menyajikan kepala ikan manyung di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

 Ilustrasi kuliner kepala manyung Warung Bu Fat Semarang. (Bisnis.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kuliner kepala manyung Warung Bu Fat Semarang. (Bisnis.com)

Solopos.com, SEMARANG — Berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), tak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner atau masakan khas daerah tersebut. Salah satu makanan khas di Semarang adalah kuliner ndas manyung atau kepala ikan manyung. Berikut rekomendasi warung makan di Semarang yang menyajikan kuliner kepala ikan manyung.

Ikan manyung merupakan ikan laut yang biasanya diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Bagi masyarakat di wilayah Jawa bagian selatan, ikan manyung memang jarang diolah sebagai masakan. Namun, di wilayah Pantai Utara Jawa, pemanfaatan ikan manyung cukup luas. Tak hanya dagingnya, telur ikan manyung juga bisa diolah sebagai sajian yang menggugah selera.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Di daerah Semarang, pemanfaatan ikan manyung sebagai kuliner juga cukup luas. Bahkan, banyak warung makan di Ibu Kota Jawa Tengah (Jateng) itu yang menyajikan makanan berbahan ikan manyung. Berikut rekomendasi tempat makan atau warung di Semarang yang menyajikan kuliner kepala ikan manyung.

1. Ikan Manyung Bu Fat

Dilansir dari laman berita Antara, warung makan Ikan Manyung Bu Fat merupakan tempat yang paling kondang di Semarang. Bahkan, warung makan Ikan Manyung Bu Fat tergolong dalam jajaran tempat makan legendaris karena buka sejak tahun 1969. Daya tarik utama tempat makan ini akan mempertahankan resep selama turun temurun, sekarang sudah tiga generasi berbeda.

Salah satu yang paling banyak dipilih di antara makanan lainnya adalah olahan kepala ikan manyung yang ukurannya jumbo diolah menjadi mangut. Alamat Ikan Manyung Bu Fat ini berada di Jl. Ariloka, Krobokan, Semarang Barat. Warung ini buka mulai pukul 08.00 WIB -20.00 WIB.

Baca juga: Pedas Manis Mangut Ndas Manyung, Enaknya Bikin Ketagihan

2. Mangut Kepala Manyung Bu Darwati

Satu lagi tempat makan yang rekomendasi untuk berburu kuliner atau hidangan kepala ikan manyung di Semarang adalah warung makan Mangut Kepala Manyung Bu Darwati. Warung ini berlokasi di Jalan WR Supratman Gang Cemara IV No. 1, Gisikdrono, Semarang Barat.

Warung ini memang tergolong baru karena beroperasi sejak Februari 2022 lalu. Meski demikian, warung ini tergolong rama dan banyak didatangi pelanggan.

Ikan manyung di warung makan Mangut Kepala Manyung Bu Darwati diolah menjadi berbagai makanan mulai dari mangut hingga sambal panggang.

3. Spesial Kepala Manyung Mas Angga

Tempat kuliner rekomendasi lain yang menyajikan kepala ikan manyung di Semarang adalah warung makan Spesial Kepala Manyung Mas Angga di Jalan Supriyadi, Pedurungan, Semarang. Jam bukanya mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Menunya beragam, namun yang jadi andalan adalah kepala manyung jumbo. Selain itu ada pula kepala ikan manyung yang ukurannya sedang. Bagi yang takut tidak bisa menghabiskan, bisa pesan mangut daging saja.

Selain olahan manyung, banyak juga menu lainnya yang bisa dicicip di warung ini mulai dari bandeng presto, paha ayam goreng, telur goreng, hingga opor ayam.

Baca juga: Berburu Jam Tangan Bekas di Kantor Pos Johar Semarang, Pulang Bisa Bawa Rolex

4. Mangut Kepala Manyung Bu Ana

Mangut Kepala Manyung Bu Ana atau yang sebenarnya memiliki nama asli Warung Makan Bu Anna juga tidak kalah kondangnya. Warung ini juga menjadi rekomendasi tempat kuliner yang menyajikan ikan kepala manyung di Semarang.

Bahkan menu mangut kepala manyung di warung ini menjadi menu andalan. Warung ini terletak di sekitar kawasan wisata Maerakaca-PRPP Semarang, tak jauh dari kawasan Pantai Marina.

Selain menu mangut, ada banyak pilihan lainnya yang bisa dicoba kenikmatannya. Mulai dari cumi tinta hitam, udang saus pedas, tumis kerang, dan lain-lain.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Lewat Flashmob, Cara Dispangtan Salatiga Sosialisasikan Kenyang Tak Harus Nasi

      Kepala Dispangtan Kota Salatiga Henny Mulyani mengaku tujuan flashmob sebagai bentuk edukasi dan publikasi bahwa kenyang tidak harus makan nasi.

      Pemkot Salatiga Raih 2 Penghargaan di Akhir 2022, Ini Daftarnya

      Government Entrepreneurial Marketing Awards merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diharapkan dapat membantu memperkenalkan inovasi, kreativitas, interpretasi dan benefit yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia

      Terekam CCTV, Siswa SMK di Semarang Serang Sekolah Lain dengan Sajam

      Sebanyak empat siswa SMK Negeri 10 Semarang ditangkap lantaran melakukan penyerangan atau memicu tawuran dengan menggunakan senjata tajam kepada siswa SMKN 3 Semarang.

      Drama My Superhero Tomato SD Kristen Satya Wacana Ingatkan Pola Hidup Sehat

      My Superhero Tomato bercerita tentang perjuangan untuk hidup sehat. Beraneka jenisnya makanan, jika tidak diimbangi pola hidup sehat akan menjadi sumber penyakit.

      Berenang di Sungai Bogowonto, Seorang Lansia Purworejo Hanyut

      Seorang warga lanjut usia (lansia) dilaporkan hanyut dan tenggelam saat berenang di Sungai Bogowonto, Purworejo.

      Wuiihhh Keren! Peralatan Makan dari Kayu Buatan Jepara Tembus Pasar Dubai

      Peralatan makan berbahan kayu buatan perajin asal Jepara yang mampu tembus pasar Timur Tengah atau Dubai dipamerkan di Kota Semarang.

      Program Matching Fund, Dosen UKSW Ciptakan Aplikasi eRumputTernak

      program matching fund ini dilaksanakan melihat masalah yang dihadapi usaha perternakan, antara lain jumlah produk belum mampu memenuhi kebutuhan pasar dan pelangan, terbatasnya lahan produksi, serta harga bahan baku complete feed cukup mahal.

      Si Baja, Animasi Belajar Budaya Jawa Karya ISI Jogja Dikenalkan di Salatiga

      Film animasi Si Baja mendapat dukungan Program Matching Found Vokasi Kedaireka Kemendikbudristek.

      Simak! Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Begini rekayasa lalu lintas yang disusun Polda DIY saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

      UMK Kota Semarang Tertinggi di Jateng, Begini Reaksi Buruh

      Serikat pekerja atau buruh yang tergabung dalam KSPN Jateng menilai kenaikan UMK di Kota Semarang tahun 2023 belum sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL).

      Pasar Ngaliyan Kota Semarang Kebakaran, 10 Kios Hangus

      Kebakaran melanda Pasar Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (8/12/2022) sore dan menghanguskan sejumlah kios.

      Ganjar Sebut Kerja di KIK Gaji di Atas UMK Kendal

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut gaji karyawan yang bekerja di Kawasan Industri Kendal atau KIK lebih besar dari UMK Kendal.

      Imbas Kecelakaan Bus di Sarangan, Pemilik Bus Wisata Mulai Sulit Cari Pelanggan

      Pelaku jasa perjalanan wisata mengeluhkan adanya kekhawatiran masyarakat untuk menggunakan bus pariwisata imbas kecelakaan maut di Sarangan.

      Suap Dosen UIN Walisongo, 8 Kades di Demak Duduk di Kursi Pesakitan

      Sebanyak delapan kades di Demak, Jateng, menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang atas kasus dugaan suap kepada dosen UIN Walisongo Semarang.

      Kenaikan UMK 2023 di Semarang Tertinggi se-Jateng, Capai Rp225.327

      Kenaikan UMK tertinggi di Jawa Tengah atau Jateng untuk tahun 2023 berada di Kota Semarang, yakni sekitar 7,95% atau Rp225.327,49.