SOLOPOS.COM - Kurma (freepik.com)

Solopos.com, SOLO - Berpuasa mengharuskan kita tidak makan minum seharian. Oleh karenanya, asupan makanan saat berbuka haruslah tepat. Kurma menjadi salah satu makanan yang dianggap cocok untuk buka puasa.

Selain karena memang dilakukan Nabi Muhammad, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buka puasa dengan kurma seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (24/4/2020):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengembalikan Energi

Tak bisa dipungkirim, berpuasa dari fajar hingga senja membuat tubuh kekurangan energi akibat tidak mendapat asupan makanan. Apalagi, bagi Anda yang memiliki kegiatan sehari-hari selama Ramadan. Nah, kurma ternyata memiliki manfaat untuk mengembalikan energi di dalam tubuh.

RS UNS Solo Siapkan 10 Ruang Isolasi Berkapasitas 42 Pasien

Menurut data yang ditulis dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, kurma memiliki kandungan penting untuk mengembalikan energi tubuh, yaitu gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Sistem Pencernaan Terjaga

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agricultural Food Chemistry menyebutkan kurma kaya akan kandungan serat yang berperan buat kelancaran sistem pencernaan.

Selain itu, menurut penjelasan dalam Journal of Nutritional Review, disebutkan juga bahwa serat dapat membantu kondisi pasien yang memiliki masalah gastroesophageal reflux disease (GERD). Jadi, konsumsi kurma secara rutin dapat mencegah gangguan sistem pencernaan selama puasa.

Kandungan Zat Besi Tinggi

Kekurangan zat besi selama menjalani puasa bisa menimbulkan risiko masalah kesehatan. Beberapa gejala seperti lemah, lesu, pusing, dan napas pendek bisa terjadi selama puasa, yang pastinya bisa mengganggu aktivitas harianmu.

Jadi, penting memilih makanan berbuka puasa yang punya kandungan zat besi untuk mengembalikan kondisi tubuh. Kabar baiknya, kurma ternyata menjadi salah satu sumber zat besi yang baik buat meminimalisir gejala anemia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma ternyata juga memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan riset yang dilakukan Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan konsumsi kurma secara rutin dapat menurunkan level triglyceride dan oxidative stress yang menjadi faktor utama penyakit jantung dan munculnya plak di pembuluh arteri.

Niat Cari Rumput, Petani Sragen Temukan Fosil Kepala Kerbau

Hal ini didukung oleh kandungan antioksidan yang ada dalam kurma yang dapat menjaga kesehatan dari risiko penyakit jantung. Kurma juga kaya kalium yang penting buat menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko stroke.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan tulang. Menurut penelitian yang dilakukan Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D dari North Dakota State University menjelaskan bahwa kurma memiliki kandungan boron, yaitu nutrisi yang menunjang kesehatan tulang.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh Journal of Critical Reviews in Food Science and Nutrition juga menemukan kandungan mineral seperti fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium yang penting buat menjaga ketahanan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya