SOLOPOS.COM - Pengunjung antre di pintu masuk objek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur. (dok Solopos)

Pengunjung antre di pintu masuk objek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur. (dok Solopos)

Wonogiri (Solopos.com)–Daya tarik objek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (WGM) bakal bertambah lagi. Selain waterboom yang diyakini sudah bisa dinikmati Lebaran nanti, sebuah patung raksasa berwujud Kethek Ogleng juga akan dibangun sebagai maskot di kawasan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berkaitan dengan rencana pembangunan patung maskot itu, Pemkab Wonogiri mengklaim telah menggandeng investor asal Solo. Seluruh biaya pembangunan patung berdimensi tinggi 12 meter di atas fondasi seluas 20 x 20 meter tersebut bakal ditanggung oleh pihak investor.

Ekspedisi Mudik 2024

“Patung berwujud Kethek Ogleng ini akan menjadi maskot karena Kethek Ogleng kan merupakan kesenian asli Wonogiri. Ini sebagai upaya kami untuk meningkatkan daya tarik objek wisata WGM. Kami sudah menjalin kerja sama dengan investor asal Solo untuk pengerjaannya. Pemkab tidak ada keluar biaya apapun, hanya menyediakan lahan,” jelas Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto, saat ditemui wartawan, Selasa (19/7/2011).

Sedangkan pihak investor, lanjut Danar, akan mendapat kompensasi berupa kontrak pemasangan reklame di area patung tersebut. Lebih jauh mengenai patung tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Bambang Hariyadi mengungkapkan patung itu akan dibangun di jalur masuk objek wisata Sendang Asri WGM. Dengan ukurannya yang besar, patung itu akan langsung terlihat saat pengunjung memasuki kawasan wisata itu.

“Patung itu akan terbuat dari bahan yang hampir mirip dengan patung Pandawa di Solobaru, Sukoharjo. Kami berharap ini akan meningkatkan daya tarik objek wisata WGM sehingga kunjungan wisata bertambah dan meningkatkan pemasukan bagi PAD,” jelasnya.

Ditanya kapan pembangunan patung itu dilakukan, Bambang mengaku belum bisa memastikan. Demikian pula soal nilai investasi yang ditanamkan oleh pihak investor. Bambang hanya mengatakan yang jelas, patung itu akan selesai pada 2011 ini.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya