SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LONDON – Patung kepala Raja Mesir Kuno Tutankhamun setinggi 28,5 sentimeter berusia 3.000 tahun terjual di Christie’s London Auctions House seharga US$5 juta atau setara dengan Rp70 miliar, Kamis (4/7/2019). Terjualnya barang bernilai sejarah tersebut memicu kemarahan masyarakat Mesir.

Tutankhamun yang memiliki nama asli Nebkheperure Tuntankhamun merupakan raja Mesir Kuno 1332-1323 SM. Ia dinobatkan menjadi raja saat usianya masih sangat belia yakni 9 tahun. Pemerintahannya cukup singkat, dikarenakan ia meninggal tahun 1323 SM dan makamnya ditemukan sekitar tahun 1922.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari Reuters, Jumat (5/7/2019), mendengar berita terjualnya patung kepala Tutankhamun, Mostafa Waziri, selaku Sekretaris Jenderal Barang Purbakala Mesir angkat bicara.

“Saya yakin bahwa barang itu [patung kepala Tutankhamun] didapat dari Mesir secara ilegal, mereka belum menunjukkan dokumen legalnya. Kami tidak akan berhenti meminta untuk dikembalikan,” ujar Mostafa Waziri.

Staf di Christie’s London Auctions House mengatakan patung kepala itu diperoleh dari pengumpul benda seni Mesir Resandro. Mereka akan membuktikan latar belakang dan penjualan itu benar-benar legal.

“Ini adalah karya yang sangat terkenal. Kami tidak akan menawarkan barang tanpa diketahui asalnya,” timpa Laetitia Delaloye, Kepala Department Christie’s Auctions.

Guna mengatasi kontroversi tersebut, Christie’s London Auctions House telah menghubungi pihak berwenang Mesir di Kairo dan kedutaan Mesir di London.

Sebenarnya Mesir telah lama menuntut kembalinya artefak yang belum dikembalikan oleh para arkeolog, termasuk Batu Rosetta yang disimpan di Museum British. Namun hingga kini masih belum ada kelanjutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya