SOLOPOS.COM - Jenderal Soedirman. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan membangun patung Jenderal Sudirman setinggi 12 meter di taman media jalan depan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.

Proyek itu akan menjadi bagian dari penataan koridor Jl. Ir. Sutami, Jebres. Patung Jenderal Sudirman mengendarai kuda berikut instalasi seni dengan tulisan Solo itu sekaligus menjadi penanda batas kota.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan patung pahlawan nasional itu bakal menjadi patung sambutan selamat datang di pintu timur Kota Bengawan.

“Kenapa di Jl. Ir. Sutami patungnya Jenderal Sudirman? Itu untuk menghargai jasa-jasa beliau. Patung tersebut menjadi gambaran sang jenderal yang sedang berperang menunggangi kuda. Tingginya diperkirakan sekitar 12 meter. Nanti luar biasa. Selain penanda juga bisa untuk selfie-selfie. Jadi kalau selfie di sana, patungnya lebih besar dari kita. Orangnya nanti keliatan kecil,” kata dia, belum lama ini.

Selain patung Jenderal Sudirman, penataan pintu perbatasan juga menyasar ke Jl. Juanda. Jalan dari jembatan Jurug ke Pucangsawit itu diperlebar serta ditambah jalur untuk pedestrian.

Menurut laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Solo, penataan kawasan simpang Jl. Juanda termasuk pembelian patung mulai dilelang sejak akhir 20 September.

Pagu anggaran proyek itu senilai Rp4,479 miliar dan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P). Tahapan tender saat ini baru pada download dokumen pemilihan.

Penandatanganan kontrak dijadwalkan 18 Oktober. Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solo, Nur Basuki, mengatakan pembangunan tersebut ditarget rampung Desember.

“Lelang belum sampai penawaran. Speknya yang bisa membuka ya penawarnya. Kalau sudah ada pemenang, nanti jelas seperti apa penataannya. Kalau soal nanti menjadi ikon Solo dan lokasi selfie, itu tergantung penerimaan masyarakat. Karena yang menikmati kan masyarakat,” kata dia dihubungi Solopos.com, Selasa (24/9/2019).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya