Kategori: Jateng

Pasutri Nakes dari Semarang Positif, Kasus Covid-19 di Salatiga Jadi 73


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SALATIGA -- Kasus positif Covid-19 di Kota Salatiga kembali mengalami penambahan, Kamis (25/6/2020). Kali ini, tambahan dua kasus dari pasangan suami istri (pasutri) yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga kesehatan (nakes).

Ada Bocah 12 Tahun Positif Covid-19, Pelonggaran Aturan New Normal Anak-Anak Solo Dievaluasi

Dengan bertambahnya dua kasus itu, maka total kasus positif Covid-19 di Salatiga hingga kini mencapai 73. Perinciannya, 34 pasien masih menjalani perawatan dan 39 orang dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga, Siti Zuraidah, mengatakan kasus tenaga kesehatan positif Covid-19 ini terungkap melalui hasil pemeriksaan swab di RSUP dr, Kariadi Semarang.

Sang suami yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di RSUP dr. Kariadi dinyatakan positif Covid-19. Setelah itu, istrinya yang juga bekerja sebagai nakes di RS Ken Saras Kabupaten Semarang dilakukan swab dan hasilnya positif.

Tes Swab Mandiri, Warga Singopuran Kartasura Sukoharjo Positif Covid-19

“Kebetulan keduanya berdomisili di Salatiga, sehingga kita masukkan sebagai kasus Covid-19 di Salatiga, karena merupakan warga Salatiga,” ujar Zuraidah, Kamis sore.

Jarang di Rumah

Zuraidah mengatakan pasutri yang bekerja sebagai nakes di RS Kariadi dan RS Ken Saras tersebut jarang melakukan aktivitas di rumahnya yang beralamat di Kelurahan Tegalrejo.

Meski demikian, pihak Dinkes Kota Salatiga tetap melakukan screening terhadap warga sekitar tempat tinggal pasutri tersebut.

Peta 112 Daerah Zona Hijau Covid-19, Wonogiri dan Pekalongan Masuk

“Rumah di Tegalrejo hanya untuk pulang tidur, tak ada aktivitas sosial dengan lingkungan sekitar. Tapi, ada keluarga empat orang di Kalicacing sudah kita tracing dan hasilnya negatif,” jelas Zuraidah.

Dengan penambahan kasus ini, status Salatiga sebagai zona hijau Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) pun mulai terancam.

Bukan tidak mungkin, Salatiga akan kembali berstatus zona merah jika tak kasus Covid-19 terus mengalami penambahan.

6 Hari Dirawat, Karyawan Pertambangan Kalimantan Asal Gemolong Sragen Sembuh dari Covid-19

Dikutip dari laman Internet covid.bappenas.go.id per 25 Juni 2020, Salatiga masih berstatus zona hijau. Hal ini menyusul angka potensi penularan atau reproduksi efektif (RO) Covid-19 yang masih di bawah 1, yakni 0,90.

Meski demikian, angka tersebut mengalami lonjakan di banding dua hari sebelumnya, Selasa (23/6/2020) yang berada di angka 0,557.

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf