SOLOPOS.COM - Pasutri asal Dukuh Jaten Wetan, Desa Kragilan, Mojosongo, Sutarni dan Sujadi, dirawat akibat terkena sengatan tawon, Foto diambil Senin (16/12/2019). (Solopos-Tamara Geraldine)

Solopos.com, BOYOLALI -- Gerombolan tawon jenis Vespa affinis menyengat pasangan suami istri (pasutri) Sujadi, 64, dan Sutarni, 59, warga Dukuh Jaten Wetan, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, hingga keduanya dilarikan ke rumah sakit, Minggu (15/12/2019).

Kejadian bermula saat pasutri itu datang ke ladang mereka sekitar pukul 08.00 WIB untuk mencari rumput. Sutarni yang menyabit rumput di bawah pohon jambu tak sengaja menyenggol sarang tawon di cabang pohon jambu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akibat senggolan itu, kawanan tawon menyerang Sutarni dan menyengatnya. Sutarni melarikan diri, namun tawon-tawon itu mengejarnya. Tawon-tawon yang keluar dari sarang dan menyengat kepala serta bagian tubuh Sutarni. Kesakitan, Sutarni berteriak minta tolong.

Sujadi yang berada jauh dari lokasi kejadian, langsung berlari menolong istrinya. Sutarni pun ditarik menjauh dari lokasi sarang tawon.

“Tawon masih mencari dan menyengat kepala, leher, dan lengan istri saya. Istri saya tidak berdaya menghadapi ratusan tawon yang menyerangnya. Saya yang menolong istri saya juga terkena sengatan tawon itu,” ujar Sujadi saat ditemui di RS Hidayah di Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Senin (16/12/2019).

Akibat sengatan tawon, Sutarni mengalami luka bentol di sekujur tubuhnya. Kulitnya merah kehitaman  dan ia merasakan nyeri di sekujur tubuh. Dokter menyarankan Sutani menjalani rawat inap untuk meredakan rasa nyeri.

Sedangkan Sujadi sudah diizinkan pulang dan menjalani rawat jalan. “Sukarelawan dari SAR Boyolali sudah mengevakuasi sarang tawon vespa tersebut,” ujarnya.

Dokter Galih Rakasiwi yang menangani korban saat memasuki ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Hidayah mengungkapkan korban kedua diserang tawon vespa.

Saat datang, kondisi Sutarni parah dan mengalami peradangan. “Ini tanda bahaya sengatan hewan. Namun kini, kondisi Sutarni sudah membaik, tinggal pulih saja. Sementara suaminya hanya percobaan rawat jalan,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya