SOLOPOS.COM - ilustrasi terminal (JIBI/dok)

Solo (Solopos.com) – Arus balik Lebaran tahun 2011 diperkirakan bakal mencapai puncaknya pada akhir pekan ini. Untuk memastikan armada bus tetap aman digunakan sebagai angkutan selama masa arus balik tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan kembali melakukan uji standar kelayakan jalan terhadap bus antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Solo-Jakarta.

ANGKUTAN BALIK -- Sejumlah bus jarak jauh terlihat di Terminal Tirtonadi, Solo. Dinas Perhubungan Kota Solo akan menggelar uji kelayakan terhadap bus-bus guna menjamin keamanan saat berlangsungnya arus balik seusai Lebaran. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dishub Kota Solo, Lancer S Naibahu mengemukakan setidaknya ada 415 armada bus AKAP yang telah disiapkan untuk melayani masyarakat selama masa arus balik Lebaran ini. ”Dishub Kota Solo sudah berkoordinasi dengan pengusaha-pengusahan bus untuk menyiapkan armada-armadanya. Setidaknya saat ini ada 415 armada bus AKAP yang telah disiapkan untuk melayani masyarakat selama arus balik,” terang Lancer ketika ditemui wartawan di rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Rabu (31/8/2011).

Arus balik diperkirakan akan dimulai H+1 Lebaran dan mencapai puncaknya pada H+3 Lebaran. Terkait kesiapan armada yang akan dikerahkan untuk melayani masyarakat selama masa arus mudik tersebut, Lancer menyatakan pekan ini Dishub akan kembali melakukan uji standar kelayakan jalan atau Uji Petik Simpatik. Uji tersebut akan rutin dilakukan Dishub hingga H+7 Lebaran nanti.

Sebab menurut Lancer, dengan melakukan uji tersebut diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama masa Lebaran ini. ”Kami menilai uji standar kelayakan jalan yang kami laksanakan mulai H-20 Lebaran lalu, berhasil dalam menekan angka atau indeks kecelakaan. Bahkan hingga hari ini, kami mencatat angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Solo selama masa Lebaran ini tercatat nol. Harapan kami ke depannya tidak ada kecelakaan lalu lintas yang terjadi,” paparnya.

Selain melakukan uji fisik, Lancer menyebutkan pihaknya juga melakukan pembinaan terhadap awak bus. ”Kami juga melakukan pembinaan dan senantiasa mengimbau kepada awak bus agar tidak kebut-kebutan saat di jalan, sehingga para penumpang bisa tetap merasa nyaman dan aman selama perjalanan mereka hingga tiba sampai tujuan masing-masing. Dan sejauh ini, hasilnya cukup rapi dan tertata,” pungkasnya. sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya