SOLOPOS.COM - Paspor termungil (Okezone.com)

Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan bila paspor hilang.

Solopos.com, SOLO — Salah satu hal menakutkan bagi travellers adalah kehilangan paspor saat travelling. Kini, ada cara agar paspor tak hilang saat liburan. Hal ini sangat fatal, karena hanya dengan paspor travellers bisa kembali ke negara asal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, paspor merupakan salah satu benda yang wajib dibawa ketika seseorang melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor menyimpan berbagai informasi penting, yang dibutuhkan oleh pihak imigrasi, untuk memonitor dan mendata wisatawan asing yang masuk ke negara mereka.

Bila paspor sampai hilang, dampaknya akan cukup merepotkan bagi Anda dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Namun, bila hal ini sampai terjadi, ada tiga hal penting yang harus dilakukan sebagaimana dikutip dari Travelandleisure, Kamis (6/10/2016):

Tenang dan Lihat Lagi

Reaksi kebanyakan orang saat kehilangan barang penting mereka adalah panik. Hal ini harus dihindari. Pasalnya, dalam keadaan panik, otak tidak dapat bekerja dengan sempurna, sehingga memancing orang untuk melakukan tindakan-tindakan di luar batas normal.

Cobalah untuk tenangkan diri, lalu carilah kembali di beberapa tempat yang biasa Anda gunakan untuk meletakkan paspor. Bila tidak ditemukan juga, barulah hubungi pihak berwenang agar paspor Anda tidak disalah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Lapor ke Kedutaan Besar

Langkah kedua yang harus Anda akukan adalah melapor di Kedutaan Besar. Para staff kedubes biasanya akan membantu Anda untuk membuat laporan kehilangan dan memberikan sebuah paspor darurat.

Tinjau Kembali Rencana Liburan

Beberapa negara termasuk Prancis, tidak mengizinkan wisatawan masuk ke negara mereka dengan menggunakan paspor darurat. Oleh karena itu, tinjau kembali rencana liburan Anda sebelum paspor asli ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya