SOLOPOS.COM - Foto Paspor Arcandra Tahar. (Istimewa/Okezone)

Paspor Ganda Arcandra mantan Menteri ESDM jadi kontroversi.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menolak disebut kecolongan. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membantah pihaknya kecolongan tak mengetahui kewarganegaraan mantan menteri ESDM Arcandra Tahar. Yasonna mengatakan Arcandra datang ke Tanah Air dengan paspor Indonesia, bukan Amerika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

No no no, pakai paspor Indonesia. Bukan (kecolongan), ya itu kenyataannya begitu, masuk ke Indonesia dengan paspor Indonesia,” ucap Yasonna usai menghadiri sidang paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2016) sebagaimana dikutip Detik.

Yasonna tak membantah Arcandra sudah beralih kewarganegaraan menjadi warga Amerika Serikat, namun soal statusnya masih diperdebatkan.

“Ya itu kewarganegaraan AS-nya, prosedur warga negara AS-nya seperti apa. Ini kan macam-macam, ada yang menganggap stateless (tidak memiliki kewarganegaraan), ada yang menilai lain,” ujarnya.

Saat ini, Kemenkum HAM terutama Ditjen Imigrasi akan mengklarifikasi soal kewarganegaraan itu kepada Arcandra, meski yang bersangkutan sudah tak lagi menjadi menteri. Perlu penegasan soal kewarganegaraan Arcandra.

“Kalau itu kan paspornya saya sudah bilang ada (paspor Amerika). Itu bagaimana penyelesaian kewarganegaraannya sedang kita bahas,” ucap Yasonna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya