SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: JIBI/Bisnis)

Ilustrasi (Foto: JIBI/Bisnis)

JAKARTA–Pengapalan hard disk drive (HDD) global ke pasar komputer diperkirakan tembus rekor pada tahun ini, menyusul  pascaindustri HDD lumpuh akibat bencana banjir Thailand.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu tahun setelah banjir Thailand, industri HDD global telah pulih sepenuhnya. Pulihnya industri didorong permintaan dari pasar perusahaan besar serta kedatangan sistem operasi Windows 8 pada bulan ini.

IHS iSuppli mencatat pengapalan HDD untuk pasar komputer secara keseluruhan, termasuk PC, pada 2012 diperkirakan naik 4,3% menjadi 524 juta unit dari tahun lalu yang sebanyak 502,5 juta

Pengapalan pada tahun ini diperkirakan tembus rekor, tetapi tidak akan lama. Pengapalan HDD diproyeksikan meningkat terus karena keluar model baru setiap tahun. Pada 2016, pengapalan HDD bakal mencapai 575,1 juta unit.

Perkiraan ini termasuk pengapalan HDD untuk komputer, termasuk HDD klien pada desktop dan notebook serta HDD enterprise pada sistem serverdan storage. Perkiraan tidak termasuk pengapalan HDD untuk aplikasi lain seperti otomotif, external hard drive atau perangkat DVR.

Berbeda dari kinerja cemerlang HDD pada personal computer (PC), pengapalan HDD untuk segmen konsumen diperkirakan turun tiap tahun. Fang Zhang, analis untuk sistem storage IHS, mengatakan pengapalan HDD untuk komputer akan memperbaiki penurunan selama tiga kuartal lalu kemudian menembus rekor pada 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya