SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Produksi padi di wilayah DIY diprediksi mampu memenuhi kebutuhan hingga hari raya Idul Fitri pada Agustus mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pertanian Provinsi DIY, Nanang Suwandi mengatakan, produksi padi pada Mei lalu sudah mencapai 564.000 ton atau sekitar 60% dari target produksi padi 2012. Angka tersebut meningkat sebesar 80.000 ton dari periode yang sama pada 2011 lalu. Menurutnya, produksi tersebut diprediksi bisa mencukupi hingga pertengahan Juli mendatang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk masa puasa dan Lebaran, kami masih punya sekitar 49.000 hektare yang sedang masa tanam di empat kabupaten di DIY, tinggal mengamankan itu saja,” katanya, Selasa (18/6).

Ia menambahkan, sekitar 49.000 hektare padi yang dalam masa tanam tersebut, diprediksi akan panen dari Juni hingga Agustus mendatang.

“Sekarang sudah mulai panen, Senin (18/6) lalu kami cek ke Berbah, sudah panen,” katanya.

Melihat cuacanya yang tidak terlalu ekstrem seperti 2011 lalu, ia optimis, produksi padi tersebut bisa memenuhi kebutuhan padi di DIY hingga Lebaran mendatang. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya