SOLOPOS.COM - Pedagang hewan ternak di Pasar Hewan Imogiri, Rabu (31/5/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)

Meskipun harga beberapa komoditas pangan cenderung fluktuatif saat Ramadan, hingga awal pekan ini harga daging sapi masih terpantau stabil

Harianjogja.com, BANTUL — Meskipun harga beberapa komoditas pangan cenderung fluktuatif saat Ramadan, hingga awal pekan ini harga daging sapi masih terpantau stabil di kisaran Rp110.000 per kilogram. Stabilnya harga tersebut didukung oleh pasokan ternak sapi yang mencukupi dan harganya yang belum juga naik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat tim dari Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul melakukan sidak ke Pasar Hewan Imogiri pada Rabu (31/5/2017), para pedagang mengungkapkan masih sepinya penjualan ternak sapi dan harganya yang stabil pada Rp12 juta hingga Rp14 juta untuk sapi Jawa dan Rp17 juta hingga Rp20 juta untuk sapi Limosin/Metal.

Ekspedisi Mudik 2024

“Penjualan masih sepi seperti hari biasa, harga masih sama tapi naik Rp500.000 sampai Rp1 juta dibanding tahun lalu,” ujar salah pedagang, Subagyo. Menurutnya, harga sapi biasanya tergantung pada ukuran.

Jika beratnya lebih dari 700 kilogram, harganya bisa mencapai Rp25 juta per ekor.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com saat sidak, suasana pasar terlihat sepi. Meskipun hewan ternak baik sapi maupun kambing cukup melimpah, namun tak banyak terjadi transaksi jual beli.

Pengelola Pasar Imogiri, Suharsono mengakui hingga kini ternak yang masuk masih normal di kisaran 150-200 ekor sapi dan 200 ekor kambing di hari pasaran Legi. Hewan-hewan ternak tersebut dipasok dari Gunungkidul 60% dan Bantul 40%.

Ia juga mengatakan kebanyakan sapi yang banyak dibeli memang sapi yang siap potong. “Biasanya yang beli broker-broker untuk dipotong dan dijual dagingnya,” ucapnya.

Menurut Suharsono, menilik pengalaman di tahun-tahun sebelumnya memang permintaan daging saat Idul Fitri tidak signifikan, sehingga harganya pun tidak akan melonjak drastis. Permintaan ternak akan naik pada saat Idul Adha sekitar 20% hingga 30%. “Apalagi sekarang ada kecenderungan berkurban sapi, kambing udah jarang,” katanya.

Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Distribusi Perdagangan Disdag Bantul, B. Setyowati membenarkan harga daging sapi akan cenderung stabil meskipun mendekati akhir Ramadan. Harga akan naik menjelang Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya