SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

KARANGANYAR – PDAM Karanganyar menyiagakan tiga unit mobil tangki air bersih selama 24 jam saat Lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi apabila pasokan air bersih ke permukiman penduduk tersendat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Teknik PDAM Karanganyar, Suparno, mengatakan pihaknya menjamin pasokan air bersih ke permukiman penduduk bakal lancar. Namun, apabila terjadi kendata teknis yang menyebabkan pasokan air tersendat maka segera dikirim mobil tangki air untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Pengiriman mobil tangki air bersih jika kondisi darurat saja, kami telah menjadwal petugas piket selama Lebaran. Saya jamin pasokan air bersih akan normal,” ujarnya, Jumat (17/8/2012).

Saat ini, sambung Suparno, debit air berkurang cukup signifikan sekitar 30 persen. Pasalnya, kondisi pepohonan Gunung Lawu gundul sehingga tidak dapat menyimpan cadangan air cukup banyak. Selain itu, saat ini adalah puncak musim kemarau.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, pihaknya berencana memasok air minum ke permukiman penduduk secara bergiliran. Sehingga seluruh pelanggan dapat menikmati air bersih saat Lebaran. Tak hanya itu, PDAM juga akan memaksimalkan sumur dalam yang tersebar di wilayah Karanganyar. “Jumlah sumur dalam sebanyak 13 sumur namun yang masih aktif hanya sekitar 10 sumur,” terang dia.

Rencananya, PDAM se-Soloraya bakal memanfaatkan Waduk Gajah Mungkur yang diambil air bakunya untuk memasok air bersih ke pelanggan. Saat ini, tahap Detail Engineering Design (DED) tengah dikerjakan oleh Pemprov Jateng. Biaya pembangunan proyek tersebut berasal dari PDAM pusat.

Seorang warga Desa Ngringo, Suratman, meminta agar PDAM Karanganyar memprioritaskan pelayanan pelanggan. Dia meminta agar pasokan air minum tidak tersendat saat Lebaran karena telah membayar retribusi setiap bulan. Apalagi, banyak tamu dan keluarga yang berkunjung ke rumah saat Lebaran. “Anak saya yang merantau pulang ke rumah, belum lagi tetangga dan keluarga lainnya. Jadi saya minta agar pasokan air bersih tetap lancar saat Lebaran,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya