SOLOPOS.COM - Paus Fransiskus basuh dan cium kaki pria muslim (Reuters)

Paskah 2016 Paus Fransiskus mencium kaki imigram muslim menjelang Paskah.

Solopos.com, SOLO – Paus Fransiskus membasuh dan mencium kaki para pengungsi, termasuk tiga pria muslim. Tradisi tersebut dilakukan pada saat perayaan Kamis Putih menjelang Paskah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tahun ini ia mengulang ritual membasuh 12 kaki, 11 di antaranya adalah para pengungsi. Dalam ritual itu, Paus mengikuti teladan Yesus yang mencuci dan mencium kaki 12 pengikutnya di perjamuan terakhir sebelum wafat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita semua bersama, Muslim, Hindu, Katolik, Koptik, dan Evanjelis adalah saudara. Anak-anak dari Tuhan yang sama, yang menginginkan hidup dalam damai dan persatuan,” ujar Paus tanpa teks di sebuah penampungan pengungsi di Roma, seperti dilansir Liputan6.com dari Reuters, Jumat (25/3/2016).

Paus asal Argentina itu juga mengecam penjual senjata yang dipergunakan bom Belgia, yang dilakukan oleh kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang menyebabkan 34 nyawa melayang.

“Tiga hari lalu, sebuah perang berlangsung, sebuah kehancuran terjadi di sebuah kota di Eropa yang dilakukan oleh orang-orang yang tak menginginkan hidup damai,” ucap Paus.

“Di balik perilaku mereka itu ada tangan pembuat senjata, tangan para penyelundup yang menginginkan darah bukan perdamaian, yang menginginkan perang, bukan persaudaraan,” kata Paus yang memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio ini.

Terkait para pelaku bom Brussel, pria kelahiran Buenos Aires pada 17 Desember 1936 itu mengutuk keras.

“Mereka adalah makhluk menyedihkan yang membeli senjata hanya untuk menghancurkan persaudaraan,” kata Paus yang membandingkan para pelaku dengan Yudas Iskariot, salah satu murid Yesus yang mengkhianatinya demi 30 keping perak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya