SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengamanan gereja saat Paskah (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KLATEN — Polres Klaten menyiagakan 731 personel untuk pengamanan semua gereja di wilayah itu saat peringatan wafatnya Isa Al Masih atau perayaan Paskah, Jumat (18/4/2014). Polres Klaten juga memberikan pengamanan ekstra untuk sejumlah gereja yang dianggap rawan.

Kabag Ops Polres Klaten Kompol Kurniawan Ismail mengatakan pengamanan dilakukan Jumat-Minggu (18-20/4/2014) di 160 gereja yang tersebar di Kabupaten Klaten. Namun, dari jumlah gereja tersebut, ada penambahan pengamanan untuk 16 gereja yang dinilai rawan. Gereja-gereja itu mayoritas berada di wilayah kota dan berada di tepian jalur jalan Solo-Jogja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mulai hari ini [Kamis, 17/4/2014], kami menyiagakan 731 orang anggota untuk pengamanan perayaan Paskah. Mereka terdiri atas jajaran Polres dan Polsek yang mulai berjaga malam ini [Kamis]. Karena, rangkaian perayaan Paskah dimulai malam ini [Kamis] sampai besok [Jumat],” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Terkait 16 gereja yang dinilai rawan, pihaknya juga memberikan pengamanan ekstra dari gereja yang dianggap aman. Misalnya, lanjut dia, gereja yang dinilai aman diberi pengamanan sebanyak lima orang anggota kepolisian, sedangkan gereja yang dinilai rawan bakal dijaga sebanyak 10 orang.

Bahkan, untuk antisipasi, satu atau dua jam sebelum dimulainya acara di gereja, ia juga memerintahkan jajarannya untuk melakukan sterilisasi di semua gereja. Hal itu agar meyakinkan keamanan di gereja sehingga tidak ada yang merasa waswas saat acara berlangsung. Selain penjagaan di gereja, pihaknya juga mengadakan patroli untuk mengatisipasi kerawanan di wilayah.

Sementara, saat puncak perayaan Paskah atau pada Jumat (18/4), ia juga bekerja sama dengan Satlantas untuk pengamanan lalu lintas terutama yang berada di tepi ruas jalan Solo-Jogja. “Sedangkan untuk hari H [puncak perayaan Paskah], kami bekerja sama dengan Satlantas untuk pengaturan lalu lintasnya. Terutama untuk gereja yang letaknya di tepi ruas jalan Solo-Jogja yang biasanya ramai,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya