Kategori: Nasional

Pasien Virus Corona Bisa Sembuh Sendiri, Asal …


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA – Pasien virus Corona (Covid-19) bisa sembuh sendiri asal pasien memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Pasien meninggal dunia akibat Corona diduga karena pasien memiliki riwayat penyakit lainnya.

Infeksi virus Corona pada dasarnya bersifat self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Sebab, tubuh akan membentuk kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyerang tubuh.

30 Sekolah Kreatif Ikuti Silaturahmi Nasional di MIM 1 PK Sukoharjo

"Dia bisa sembuh sendiri dengan ketahanan tubuhnya. Obat kan belum ada, vaksin juga belum. Jadi memang harus punya ketahanan tubuh karena yang diserang imun," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI Wiendra Waworuntu, sebagaimana dilansir Bisnis.com, Selasa (4/2/2020).

Jokowi Dituding Lepas Tanggung Jawab Tangani Wabah Corona, Ini Penjelasan Istana

Wiendra menjelaskan dalam penanganan self limiting diseases yang dikelola adalah gejala-gejala yang timbul. Ia mencontohkan jika demam yang diobati demamnya, sesak nafas diberikan antibiotik, dan lainnya.

Sedangkan, untuk kasus pasien meninggal dunia kibat virus Corona, Wiendra menduga, pasien memiliki riwayat penyakit lain seperti jantung, diabetes, dan lainnya.

Boyolali Santuy Hadapi Corona, Siswa SD-SMP Tetap Masuk

Dalam video yang diunggah Detik.com, Senin (2/3/2020), Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, juga menyampaikan hal senada. Virus Corona merupakan penyakit yang self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri.

“Sama dengan virus lain ada juga angka kematiannya juga dua persen atau di bawahnya,” kata Terawan menanggapi pertanyaan sejumlah wartawan.

PT KAI Waspada Corona: Penumpang Bersuhu Tubuh di Atas 38 Derajat Celsius Dilarang Naik KA

Menurut Terawan, kesembuhan seorang pasien virus Corona tergantung dari imunitas tubuh pasien. Ia berpesan agak semua orang menjaga imunitas tubuhnya.

“Maka dari awal saya bilang jaga imunitas tubuhnya. Dari awal gerakan masyarakat hidup sehat itu terus kita gaungkan. Jaga higiene, dan sebagainya,” pesan Menkes Terawan.

Layanan KUA: Masyarakat Puas, Sarpras Perlu Ditingkatkan

Share
Dipublikasikan oleh
Cahyadi Kurniawan