Tutup Iklan

Pasien Tak Mampu Boleh Bayar Seikhlasnya di Klinik Aisyiyah Sragen

Sejak 2013, Lazismu - Klinik Aisyiyah Sragen memberikan pelayanan kesehatan kepada kaum tidak mampu dengan biaya suka rela.

Pasien Tak Mampu Boleh Bayar Seikhlasnya di Klinik Aisyiyah Sragen

SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga miskin. (Solopos-dok)

Solopos.com, SRAGEN Bidang kesehatan menjadi salah satu dari lima pilar layanan yang dimiliki Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen, selain pendidikan, ekonomi, sosial kemanusiaan, dan dakwah.

Di bidang ini ada tiga program yang dilaksanakan oleh Lazismu Sragen, yaitu layanan peduli kesehatan, layanan Indonesia Mobile Clinic (IMC) atau ambulans, serta pendampingan layanan kesehatan di Klinik Aisyiyah Sragen.

Layanan ambulans gratis Lazizmu Klinik Aisyiyah Sragen.
Layanan ambulans gratis Lazizmu Klinik Aisyiyah Sragen.

Bantuan Kesehatan Lazismu Sragen

Terhitung sejak November 2018 hingga November 2019, Lazismu Sragen telah menyalurkan bantuan kesehatan kepada 70 jiwa dengan total nilai Rp39,9 juta.

Bentuk layanan kesehatan itu meliputi bantuan pengurusan administrasi kartu Saraswasti, pembayaran premi BPJS Kesehatan, biaya pengobatan dan operasi.

“Pokoknya bantuan kesehatan itu harus diberikan secara tuntas kepada pasien,” terang Manajer Program Media Lazismu Sragen, Rizki Arif Hernawan, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Sabtu (1/2/2020).

Ambulans Gratis Lazismu Sragen

Guna menunjang pelayanan kesehatan, saat ini Lazismu Sragen mengoperasikan tujuh unit mobil ambulans selama 24 jam melalui program IMC.

Dalam setahun terakhir, sebanyak 517 jiwa telah mendapat layanan ambulans gratis dari Lazismu Sragen dengan biaya Rp180,8 juta.

Layanan ambulans itu bersifat gratis tanpa ada biaya antar, biaya bahan bakar minyak (BBM), biaya sopir, rokok dan lain sebagainya.

Tak Hanya di Sragen

“Ambulans ini melayani penjemputan jenazah dan antar-jemput pasien. Layanan kami tidak hanya di Sragen, tetapi juga luar Sragen. Mobil ambulans kami pernah menjangkau Jakarta dan Madura,” papar Rizki.

Layanan Kesehatan Biaya Seikhlasnya

Sejak 2013, Lazismu Sragen memberikan pendampingan kepada Klinik Aisyiyah Sragen. Klinik Asiyiyah tidak seperti klinik kesehatan pada umumnya yang berorientasi pada profit.

Klinik ini memberikan pelayanan kesehatan kepada kaum tidak mampu dengan biaya seikhlasnya atau sukarela.

Di klinik ini, pasien dari kalangan warga mampu disebut pasien donatur. Biaya pengobatan yang dikeluarkan orang itu disebut sedekah.

Sebab, sebagian dari biaya itu digunakan untuk menyubsidi pasien dari kalangan warga tidak mampu.

Pelayanan Kesehatan yang Maksimal

Guna memaksimalkan pelayanan kesehatan, Klinik Aisyiyah Sragen telah memindah ruang rawat inap menjadi satu kompleks dengan gedung utama.

Pada awalnya, Klinik Aisyiyah masih menyewa bangunan untuk gedung rawat inap. Antara gedung utama dengan gedung rawat inap berjarak sekitar 150 meter yang dipisahkan jalan umum.

Ruang rawat inap yang baru kini menempati bangunan bekas rumah warga yang sudah dibebaskan.

Uluran Tangan dari Donatur

“Untuk membebaskan tanah dan renovasi bangunan rawat inap itu, kami masih terbebani utang senilai Rp1,210 miliar. Kami berharap ada uluran tangan dari para donatur untuk meringankan beban itu. Kami juga berencana membangun IPAL [Instalasi Pengolahan Air Limbah] supaya bisa lolos akreditasi,” terang Rizki.

Direktur Klinik Aisyiyah Sragen, dr. Virani Rizatania, mengatakan terdapat 80-100 pasien yang berobat ke klinik yang dikelolanya.

Sebanyak 15-20% di antaranya merupakan pasien dari keluarga kurang mampu.

Menurutnya, bangunan yang sudah dibebaskan itu sudah direnovasi dan kini dipakai untuk enam kamar rawat inap dan satu kamar nifas.

Di belakang bangunan masih ada lahan kosong yang bisa dibangun empat kamar rawat inap.

“Dengan tambahan lahan itu, maka kami memiliki sekitar 900 meter persegi lahan. Sebelumnya, kami hanya menempati lahan seluas 470 meter persegi,” jelas Riza. (Adv)

Berita Terkait

Berita Terkini

Peluang Bisnis: Kuy! Tangguk Omzet Gorengan Nan Menggiurkan

Solopos.com, JAKARTA — Tak sedikit warga mencari peluang mendapatkan penghasilan pada masa pandemi Covid-19 ini. Maklum saja, akibat pagebluk, tak sedikit warga mengalami PHK atau sekurangnya menurun pendapatannya akibat peluang kerja yang terbatas. Salah satu peluang yang layak dicoba adalah bisnis kuliner gorengan.

Peluang Bisnis Coffee Bun Menggiurkan, Begini Kalkulasinya...

Solopos.com, JAKARTA — Roti menjadi salah satu cemilan favorit masyarakat Indonesia yang biasa menjadi bekal pada pagi hari sebagai sarapan atau di sore hari untuk menemani waktu santai sambil menikmati secangkir kopi atau teh, tak terkecuali coffee bun.

Warnanya Pekat, Seniman Puji Kualitas Belazo Durable Acrylic Painting

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah seniman asal Solo mengakui kualitas warna Belazo Durable Acrylic Painting. Selain warnanya yang pekat, cat akrilik bikinan PT Indaco Warna Dunia ini juga memiliki kecerahan warna yang maksimal.

Ini Sebabnya Keuangan Selalu Minus Walaupun Gaji Sudah Besar

Solopos.com, SOLO -- Semua orang pasti mengidam-idamkan mendapat gaji lebih besar dari sekarang, sehingga hidup bisa lebih nyaman dan apa yang diidamkan bisa terwujud. Namun, ketika Anda naik jabatan atau bisnis sedang lancar sehingga pendapatan menjadi lebih besar, mengaturnya juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Astra Serahkan 2.057 Hewan Kurban di 34 Provinsi, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Solopos.com, JAKARTA -- Yayasan Amaliah Astra (YAA) dan perusahaan-perusahaan Grup Astra menyerahkan hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia. Hal itu merupakan bagian ibadah Hari Raya Iduladha 1441 H.

Keju Meleleh Korean Garlic Bread ala The Sunan Hotel Solo Bikin Penasaran

Solopos.com, SOLO -- Korean garlic bread menjadi andalan baru The Sunan Hotel Solo dalam memperkenalkan produk produk kulinernya. Demam Korea yang melanda anak muda indonesia, tidak hanya sebatas drama, musik dan fashion saja tetapi juga merambah ke makanan.

Politeknik Indonusa Solo Re-Branding Produk Unggulan Gitar Mancasan

Solopos.com, SUKOHARJO — Desa Mancasan di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dikenal sebagai sentra industri gitar. Salah satu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang pembuatan gitar adalah Ari Kustanto.

Hunian Istimewa Dekat Solo Ini Beri Promo Menarik, Buruan Cek!

Solopos.com, SOLO — Tak bisa dipungkiri bahwa hunian nyaman dan istimewa menjadi idaman setiap keluarga. Kini, hunian istimewa itu hadir di dekat Kota Solo, Jawa Tengah. Hunian itu bernama New Taman Permata Adi Sucipto.

Ini Aturan Menginap di Star Hotel Semarang Saat New Normal

Solopos.com, SEMARANG – Star Hotel Semarang bersiap menyambut new normal dengan sejumlah persiapan. Dimulai dengan peraturan wajib memakai masker bagi seluruh karyawan.

Dibuka Lagi, The Atrium Hotel and Resort Jogja Sediakan Minuman Sehat

Solopos.com, SLEMAN -- Satu-satunya hotel bintang 4 yang mempunyai resort di Jogja, The Atrium Hotel and Resort Jogja, telah resmi dibuka kembali pada Senin (22/6/2020).

Segera Hadir di Alam Sutera, Hotel Tentrem Pertahankan Budaya Lokal

Solopos.com, SOLO – Hotel Tentrem segera hadir di Alam Sutera, Jakarta. PT Hotel Candi Baru melakukan penandatanganan kerjasama untuk pembangunan Hotel Tentrem di Alam Sutera.

The Sunan Hotel Solo Serahkan Bansos kepada Sekber Difabel Solo

Solopos.com, SOLO – The Sunan Hotel Solo menyerahkan bantuan sosial atau bansos kepada Sekretariat Bersama (Sekber) Difabel Solo, Senin (8/6/2020). Bansos itu diharapkan bisa meringankan beban kebutuhan pokok sehari-hari para difabel di tengah pandemi Covid-19.

Kenalkan Heichoko, Si Cokelat Ramah Lingkungan nan Lezat

Solopos.com, SOLO – Menikmati cokelat tanpa waswas menambah sampah kini bisa ditemui dengan hadirnya Heichoko, si cokelat ramah lingkungan nan lezat. Heichoko menyediakan konsep kemasan yang dapat dipakai berulang (reusable) seperti bingkai (frame) dan kontak pensil.

Hotel Sahid Jaya Solo Beri Promo Kuliner Buy 1 Get 1 Free Mulai Rp50.000, Berminat?

Solopos.com, SOLO -- Hotel Sahid Jaya Solo menawarkan promo kuliner serba buy one get one free selama Juni 2020. Promo ini bisa dinikmati dengan harga mulai Rp50.000.

The Sunan Hotel Solo Mulai Terapkan New Normal

Solopos.com, SOLO – The Sunan Hotel memulai penerapan konsep new normal di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik kepada tamu yang berkunjung dan menginap.

BRI Peduli Berbagi Sembako Kepada Panti Asuhan

Solopos.com, SOLO — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) melaksanakan BRI Peduli Berbagi Sembako untuk membantu masyarakat yang terdampak penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Lebaran #Dirumahaja, Menu Khas dari The Sunan Hotel Solo Layak Dicoba

Solopos.com, SOLO — The Sunan Hotel Solo menawarkan menu hidangan khas Lebaran dengan konsep baru yaitu Lebaran #Dirumahaja dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Bayar Setengah Harga di Toko Solopos, 4 Hari Saja

Solopos.com, SOLO — Momentum Lebaran sudah di depan mata. Bagi mereka yang merayakan, sejumlah persiapan dilakukan termasuk busana. Bagi pencinta batik, koleksi Pisalin dari Toko Solopos menggelar diskon spesial.

Al Fath Solo Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19 dalam Berbelanja

Solopos.com, SOLO — Al-Fath Muslim Lifestyle proaktif atas kebijakan dan protokol penanggulangan Covid-19 yang diberlakukan oleh pemerintah khususnya sejak Kota Solo ditetapkan berstatus kejadian luar biasa (KLB).

Libur Lebaran 2020, 121 Kantor Cabang Bank Mandiri Tetap Buka

Solopos.com, JAKARTA -- Sebanyak 121 kantor cabang Bank Mandiri tetap akan beroperasi secara terbatas dan melayani nasabah secara bergantian saat libur Lebaran atau Idulfitri 1441 Hijriyah pada 21-25 Mei 2020.