SOLOPOS.COM - RSUD dr Harjono Ponorogo. (detik.com)

Solopos.com, PONOROGO -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Harjono Ponorogo membuat sebuah aplikasi bernama Andalan atau kepanjangan dari Aplikasi Pendaftaran Online. Aplikasi ini diciptkan untuk memberikan kemudahan bagi pasien yang hendak periksa tidak perlu lagi untuk mengantre di rumah sakit.

Melalui aplikasi berbasis Android ini, pasien rawat jalan tidak perlu berdesak-desakan untuk mendapatkan nomor antrean pendaftaran.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Kepala Bagian Perencanaan Program RSUD dr. Harjono Ponorogo, Mas'un, mengatakan aplikasi ini bisa diunduh masyarakat di Google Play Store. Aplikasi bernama Andalan ini merupakan inovasi untuk mengantisipasi penumpukan pasien di lokrt pendaftaran pada waktu tertentu.

"Pendaftaran online ini cara kita dalam mengantispasi penumpukan pasien. Tetapi, kita tidak memungkiri adanya pasien yang mendaftar melalui website, loket pendaftaran, dan anjungan mandiri yang telah disediakan," kata dia dalam siaran pers yang dikutip Madiunpos.com, Kamis (23/1/2020).

Dia berharap nantinya semua unit pelayanan di RSUD dr. Harjono bisa terintegrasi pada aplikasi Andalan ini. Saat ini tim pengelola data elektronik (PDE) RSUD terus melakukan inovasi terkait berbagai layanan yang bisa mempermudah masyarakat.

"Dalam waktu dekat akan diluncurkan aplikasi E-Resep dan Ambulan Online. Kedua layanan ini akan terintegrasi dengana aplikasi Andalan," kata dia.

RSUD dr. Harjono juga memiliki sistem informasi yang diklaim satu-satunya di wilayah Madiun Raya yang bernama Vale. Vale ini merupakan sistem klaim BPJS yang dibuat oleh Tom PDE RSUD.

Sistem Vale ini akan mempermudah rumah sakit mengajukan klaim kepada BPJS. Kalau dahulu saat mengajukan klaim harus membawa berkas setumpuk, tetapi sekarang hal itu tidak diperlukan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya