SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Seorang lelaki warga Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (30/4). Ini menjadikan pasien positif Covid-19 di Karanganyar mencapai 18 orang.

Pasien positif Covid-19 asal Karanganyar itu pernah mengikuti kegiatan Ijtima Ulama Dunia tahun 2020 di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Juliyatmono, lelaki dari Desa Gajahan itu pulang pada 26 Maret 2020 bersama rekan lainnya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, dia sudah dirawat di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

1 Lagi Pasien Covid-19 Solo Sembuh, Warga Kedunglumbu

Ekspedisi Mudik 2024

"Hasil swab terkonfirmasi positif. [Hasil] hari ini [Kamis] keluar. Kasus klaster Gowa mendominasi. Kami evaluasi masing-masing warga Karanganyar yang pulang dari Gowa," tutur Bupati saat dihubungi Solopos.com, Kamis (30/4/2020).

Data yang dihimpun dari laman Covid-19 Kabupaten Karanganyar, jumlah warga Karanganyar yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni 18 orang hingga Kamis.

Dari jumlah itu dua orang dinyatakan sembuh yakni lelaki di Desa Paulan, Kecamatan Colomadu dan perempuan di Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu.

Kota Semarang Jadi Episentrum Covid-19, Ganjar Pranowo Kaget

Sebanyak tiga orang meninggal, yaitu dua lelaki di Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang dan satu perempuan di Desa Banjarharjo, Kecamatan Kebakkramat.

13 Masih Dirawat

Sisanya 13 orang pasien positif Covid-19 asak Karanganyar masih dirawat, yaitu tujuh orang di Kecamatan Colomadu, empat orang di Kecamatan Gondangrejo, satu orang di Kecamatan Jaten dan Kerjo.

Dari data tersebut di atas, lima orang warga Karanganyar yang terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk klaster Gowa. Mereka termasuk dari 18 orang dari Klaster Gowa yang telah melaksanakan rapid test dengan hasil reaktif.

Update Data Covid-19 Indonesia 30 April: Positif Tembus 10.118, 57% Pria

Bupati Karanganyar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan akan melakukan tracing terhadap keluarga dari warga yang termasuk klaster Gowa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan memberikan dukungan logistik.

"Kami tracing yang di rumah dan keluarga terdekat dari rumah warga Klaster Gowa yang terkonfirmasi positif. Kami prioritaskan dan ada perlakuan khusus," tutur dia.

2 Karyawan Sampoerna Positif Corona Meninggal, Pabrik Ditutup

Yuli, sapaan akrabnya, berharap warga Karanganyar yang terkonfirmasi positif akan lekas membaik dan sembuh. Pemkab memantau kondisi pasien positif Covid-19 asal Karanganyar yang dirawat di rumah sakit.

"Kebutuhan mereka apa, kami bantu mencukupi. Harapan kami bisa negatif lagi. Kami pantau penyembuhan imunitas. Kami berupaya karena kemungkinan yang terkonfirmasi itu kok klaster ini. Ini yang akan kami tuntaskan supaya dalam waktu tidak lama bisa negatif. Mudah-mudahan sebelum Lebaran sudah selesai."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya