SOLOPOS.COM - ilustrasi rapid test corona atau covid-19 (Antara)

Solopos.com, KLATEN – Petugas terus melakukan tracing kepada orang yang pernah kontak dengan dua pasien positif Covid-19 Klaten, salah satunya  kakek di Klaten Utara, yang diumumkan Jumat (24/4/2020). Petugas masih melacak keberadaan cucu pasien positif virus corona di Klaten Utara itu.

Sementara itu, 25 tetangga pasien terkonfirmasi positif asal Kecamatan Ngawen mengikuti rapid test. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan masih terus melacak cucu pasien.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

104 Santri Ponpes Temboro Asal Madiun Rapid Test Covid-19, Ini Hasilnya

Pasien yang positif itu berinisial SHS asal Kecamatan Klaten Utara. SHS diduga tertular Covid-19 dari cucunya yang berkunjung ke rumah kakek berumur 72 tahun itu pada 24 Maret-11 April 2020.

Ekspedisi Mudik 2024

SHS masih menjalani perawatan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Pelacakan terhadap cucu pasien berinisial SHS itu dilakukan untuk mengetahui kondisi cucu tersebut. “Cucunya SHS itu informasi terakhir sudah berada di Kudus. Kami masih komunikasi dengan Kabid P2P Kudus membantu pelacakan,” jelas Anggit, Sabtu (25/4/2020).

Positif Covid-19 Soloraya Meroket Jadi 83 Kasus, Sinyal Transmisi Lokal?

Anggit menuturkan dari keterangan yang dia terima, sang cucu pasien positif Covid-19 itu melakukan perjalanan dari Jakarta menuju ke Klaten Utara. Tujuannya untuk menjenguk kakeknya sebelum melanjutkan perjalanan ke Kudus.

Sang cucu yang berumur sekitar 13 tahun itu pergi ke Klaten seorang diri tanpa kedua orang tuanya. “Karena ada kegiatan di Kudus [tak diperinci kegiatan yang dimaksud], dia [cucu] dari Jakarta mampir ke Klaten menengok mbahe [kakeknya],” urai dia.

Jemput Santri Ponpes Temboro, Sopir Meninggal dalam Mobil di Madiun

Hanya di Rumah Kakek

Selama di Klaten Utara, cucu dari pasien berinisial SHS hanya berada di rumah kakeknya diketahui sebelum positif Covid-19. Soal cara remaja tersebut hingga sampai ke Klaten, Anggit belum mengetahui secara persis. Gugus tugas kabupaten masih melakukan pelacakan.

“Kami masih terus melacak bagaimana dia sampai ke Klaten dan naik apa serta sama siapa saja. Sampai sekarang belum ada konfirmasi kalau dia [cucu dari pasien SHS] itu terkonfirmasi [positif Covid-19],” jelas dia.

1 Tenaga Kesehatan Asal Grogol Sukoharjo Sembuh dari Covid-19

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten bertambah dua orang pada Jumat (24/4/2020). Alhasil, jumlah total pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 11 orang. Dua orang dinyatakan sembuh sementara sembilan orang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Bagian Humas Setda Klaten, penambahan dua pasien positif Covid-19 itu masing-masing berinisial H dan SHS. H merupakan laki-laki berumur 49 tahun asal Kecamatan Ngawen dan dirawat di RSD Bagas Waras Klaten dengan kondisi stabil dan baik. Sedangkan SHS merupakan pasien positif Covid-19 berumur 72 tahun asal Kecamatan Klaten Utara. Dia dirawat di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten dengan kondisi stabil dan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya