Kategori: Klaten

Pasien Positif Covid-19 di Klaten Tambah 5 Orang


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN – Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Covid-19 Kabupaten Klaten mengumumkan penambahan lima kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (18/4/2020).

Dengan penambahan tersebut, total sementara warga Klaten terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak tujuh orang. Dua di antara mereka dinyatakan sudah sembuh.

Kelima orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten itu berasal dari wilayah Kecamatan Juwiring dan Wonosari. Sebanyak dua orang dari Juwiring saat ini menjalani perawatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten.

Ganjar Sebut Puluhan Tenaga Medis RS Kariadi Semarang Positif Covid-19 Gegara Pasien Tak Jujur

Sedangkan tiga orang dari Kecamatan Wonosari dirawat di RSD Bagas Waras Klaten. Kondisi kelima pasien berjenis kelamin laki-laki dan berumur antara 40-60 tahun itu dinyatakan stabil dan dirawat intensif di ruang isolasi rumah sakit.

Tambah 5 Pasien

Penambahan lima kasus positif Covid-19 di Klaten itu disampaikan gugus tugas melalui pers rilis dari Humas Setda Klaten, Sabtu sore.

“Kasus penambahan hari ini [Sabtu] ada lima orang terkonfirmasi positif Covid-19. Kelima orang itu termasuk dalam klaster Gowa [peserta Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan] sehingga secara kumulatif sampai hari ini jumlah pasien positif Covid-19 [di Klaten] menjadi tujuh orang dengan dua orang sudah sembuh,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten.

Berkurang Lagi, Tinggal 3 Kelurahan di Solo Bersih dari Kasus Covid-19

Penambahan kasus positif Covid-19 di Klaten itu masuk kategori impor lantaran kelima pasien diperkirakan tertular saat melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan pada 18-23 Maret 2020. Gugus tugas sudah melakukan tracing atau pelacakan kepada orang yang kontak erat dengan pasien.

Anggota Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Covid-19 Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan masing-masing pasien yang diumumkan terkonfirmasi positif pada Sabtu berinisial S, SJ, P, M, dan T.

Dari hasil pelacakan, ada 120 orang yang pernah kontak erat dengan kelima orang terkonfirmasi positif tersebut. Mereka di antaranya anggota keluarga serta petugas kesehatan. Seratusan orang tersebut sudah diminta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Sebanyak 120 orang itu nanti dilakukan pemeriksaan rapid test pada Senin [20/4]. Semua orang yang memiliki kontak erat dengan merek sudah diminta isolasi mandiri,” kata Anggit yang juga menjabat sebagai Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Klaten saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

13 Peserta Ijtima Gowa Asal Klaten

Sebelumnya ada 13 warga Klaten yang terlacak mengikuti kegiatan Ijtima Ulama di Gowa. Dari jumlah itu, satu orang asal Kecamatan Wonosari meninggal dunia sebelum dilakukan pengambilan sampel swab untuk memastikan terjangkit Covid-19 atau tidak.

Sementara itu, sebanyak 11 orang dilakukan pemeriksaan swab secara bertahap. Dari hasil pemeriksaan swab tersebut, sebanyak lima orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu, satu pasien terkonfirmasi positif berinisial TM berumur 55 tahun asal Kecamatan Klaten Utara dirawat di RSD Bagas Waras Klaten dinyatakan sembuh. Kepastian pasien itu sembuh dan diperbolehkan pulang berdasarkan hasil tes swab keempat dengan hasil negatif Covid-19, Sabtu.

Update 18 April 2020: Kasus Positif Covid-19 di Indonesia 6.248 Orang, Sembuh 631

2 Pasien Sembuh

Alhasil, ada dua pasien positif di Klaten yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Sebelumnya, pasien terkonfirmasi positif pertama di Klaten bernama Triyana, 48. Pria asal Dukuh Kalikunung, Desa Jomboran dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari RSD Bagas Waras Kamis (16/4).

“Untuk pasien positif dari Klaten Utara hasil tes sudah keluar Sabtu pagi. Dia sekarang sudah pulang dari rumah sakit,” kata Koordinator Wilayah I Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito.

Ronny yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten mengimbau warga tetap tenang meski ada penambahan lima kasus positif baru di Klaten.

Duh! Jadwal KA Prameks Dipangkas Mulai Senin

Dia meyakini kelima pasien positif Covid-19 yang kini dirawat di dua rumah sakit di Klaten itu bisa sembuh seperti dua pasien terkonfirmasi positif sebelumnya lantaran kondisi kesehatan mereka stabil baik.

Lebih lanjut, Ronny mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol penanggulangan Covid-19 dengan mengenakan masker, physical distancing, menghindari kerumunan, berjemur antara pukul 09.00 WIB-10.00 WIB.

Tambah 1 Lagi! 14 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di 5 RS Solo, Ini Datanya

Selain itu, warga menjaga pola makan dengan makan-makanan bergizi, serta penyemprotan disinfektan ke lokasi-lokasi yang sering dipegang banyak orang.

“Jika memungkinkan jangan bepergian keluar kota terlebih dahulu terutama ke daerah-daerah zona merah. Karena tujuh kasus positif di Klaten saat ini seluruhnya kasus impor atau tertular ketika pasien bepergian ke daerah lain,” kata Ronny.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita