Kategori: Sukoharjo

Pasien Positif Covid-19 Asal Nguter Sukoharjo Jadi Volunteer Penelitian Plasma dan Vaksin


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO -- Seorang pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Nguter, Sukoharjo, menjadi volunteer atau sukarelawan untuk penelitian terapi plasma dan vaksi corona.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Jumat (19/6/2020).

"Kasus satu pasien Covid-19 asal Nguter yang sembuh setelah dirawat 74 hari menjadi volunteer penelitian plasma dan vaksin virus corona," kata dia.

Positif Covid-19 Indonesia 19 Juni Bertambah 1.041 Jadi 43.803, Sembuh 17.349

Pasien tersebut, lanjut dia, merupakan satu dari dua pasien Covid-19 pertama yang diobati menggunakan metode terapi plasma di RSUD dr Moewardi Solo. Respons pasien sepanjang penerapan metode perawatan tersebut hasilnya bagus.

Karena itulah tim kesehatan menjadikan kasus pasien asal Sukoharjo ini sebagai lokus penelitian plasma dan vaksin Covid-19. “Sampel pasien digunakan sebagai bahan penelitian untuk membuat vaksin dan obat virus,” lanjutnya.

Pasien Covid-19 asal Nguter itu dinyatakan sembuh bersamaan dengan sembilan pasien positif lainnya asal Sukoharjo pada Kamis (18/6/2020).

Hanya Sragen, Wilayah di Soloraya yang Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

Tambahan 10 pasien sembuh itu tersebar di lima kecamatan. Perinciannya, tiga dari Grogol, dua dari Mojolaban, satu dari Baki, satu dari Nguter, dan tiga dari Kartasura.

Tingkat Kesembuhan Meningkat

Yunia mengungkapkan tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo cenderung meningkat. Hingga 18 Juni, jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh totalnya 60 orang, termasuk dari Nguter.

Jumlah pasien yang sembuh itu mencapai 76,92% dari total jumlah kasus positif Covid-19 di Sukoharjo yang mencapai 78 orang. Saat ini, tinggal 14 orang yang masih berstatus positif.

Balas Kritikan Netizen, Gibran Rakabuming: Menang Kalah Urusan Nanti

Yunia mengatakan 14 pasien positif corona itu masing-masing enam orang di Rumah Sehat Covid-19, empat orang isolasi mandiri, dan empat orang rawat inap di rumah sakit.

Khusus empat pasien positif yang rawat inap di rumah sakit, Yunia menambahkan dua orang dalam kondisi baik dan tinggal menunggu hasil evaluasi swab.

Sedangkan dua pasien lainnya masih dalam kondisi sakit. Yunia berharap 10 pasien positif tanpa gejala, baik yang di Rumah Sehat Corona maupun isolasi mandiri segera sembuh sehingga kasus positif di Sukoharjo terus berkurang.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih