Kategori: Wonogiri

Pasien Positif Covid-19 Asal Girimarto Wonogiri Sembuh Setelah 8 Hari Dirawat


Solopos.com/M Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI -- Satu orang pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Girimarto, Wonogiri, dinyatakan sembuh pada Jumat (19/6/2020).

Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berinisial S, 42. Ia dinyatakan sembuh setelah dua kali tes swab hasilnya menunjukkan negatif berturut-turut.

S merupakan perantau dari Cikarang, Jawa Barat, yang mudik ke Wonogiri pada 26 Mei 2020. Setelah beberapa hari di rumah, ia mengalami gejala klinis sesak napas dan batuk.

Kasus Pertama di Tawangmangu Karanganyar, Pria 30 Tahun Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pasien positif Covid-19 asal Girimarto, Wonogiri, itu juga mempunyai riwayat penyakit Tuberkulosis (TBC). Setelah menjalani pemeriksaan, S dibawa ke RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri pada 11 Juni 2020. Saat itu statusnya pasien dalam pengawasan (PDP).

Pasien itu kemudian menjalani serangkaian tes swab. Tes swab pertama yang menyatakan S positif Covid-19 baru keluar pada Selasa (16/6/2020). Dua tes swab berikutnya menyatakan negatif.

Masih Dirawat

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri mengatakan meski sudah sembuh, pasien itu masih dirawat di RSUD Wonogiri.

"Pasien belum dibawa pulang karena penyakit penyertanya, TBC belum sembuh," kata dia merujuk pasien positif Covid-19 asal Girimarto, Wonogiri, kepada wartawan, Jumat.

Dengan sembuhnya pasien asal Girimarto tersebut, saat ini di Wonogiri tinggal tersisa satu pasien positif Covid-19. Ia merupakan seorang laki-laki berinisial D, 25, warga Kecamatan Purwantoro. Saat ini menjalani isolasi di rumah.

Saat ini total ada 13 kasus positif Covid-19 di Wonogiri.

Positif Covid-19 Indonesia 19 Juni Bertambah 1.041 Jadi 43.803, Sembuh 17.349

Perinciannya satu pasien positif Covid-19 orang masih dirawat, 11 orang dinyatakan sembuh termasuk dari Girimarto, Wonogiri, dan satu orang meninggal.

Sedangkan PDP berjumlah 65 orang, dua orang dirawat, 57 orang dinyatakan sembuh dan enam orang meninggal. Sementara itu jumlah ODP sebanyak 855 orang, 31 orang masih dalam pemantauan, sisanya sudah selesai pemantauan.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merilis data melalui website resminya pada Kamis (18/6/2020) malam dan memaparkan ada dua tambahan pasien positif Covid-19 di Wonogiri. Satu orang masih dirawat, satu orang dinyatakan meninggal.

Mendikbud: Pandemi Covid-19, Mahasiswa Cuti Tidak Wajib Bayar UKT

Menanggapi hal itu, Jekek mengatakan saat ini Dinas Kesehatan Wonogiri tengah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk menelusuri kabar tersebut.

Pasien Positif Covid-19 Meninggal

Informasi terakhir, menurut dia, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dan masih dirawat merupakan warga Kecamatan Giriwoyo berdomisili di Magelang.

Sementara pasien positif Covid-19 yang meninggal merupakan warga Kecamatan Wonogiri. Tetapi ia berdomisili di Semarang. Saat terjangkit virus, ia dirawat di Rumah Sakit Tlogorejo, Semarang.

Pasien Positif Covid-19 Asal Nguter Sukoharjo Jadi Volunteer Penelitian Plasma dan Vaksin

"Pemprov Jateng merilis data tersebut karena kedua pasien dimungkinkan masih tercatat warga Wonogiri berdasarkan data kependudukan. Kami tegaskan kedua pasien itu terjangkit di luar wilayah Wonogiri. Domisili mereka juga di luar Wonogiri. Kasus seperti ini sudah terjadi beberapa kali di Wonogiri," kata Jekek.

Hingga saat ini, DKK masih menelusuri kasus tersebut. Kedua pasien belum dimasukkan daftar pasien positif Covid-19 di Wonogiri.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih