SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona (Covid-19). (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN -- Pasien terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Klaten bertambah satu orang, Sabtu (11/4/2020). Dengan demikian saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Klaten mencapai dua orang.

Pasien positif Covid-19 kedua ini merupakan seorang laki-laki berusia 55 tahun dan berdomisili di Klaten Utara. Sebelum dirawat di RSD Bagas Waras Klaten, pasien tersebut sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit (RS) di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

ODP Kabur dari Grha Wisata Solo Bukan Warga Pucangsawit, Tapi Sudiroprajan Jebres

Saat inisial pasien positif Covid-19 asal Klaten Utara ini ditanyakan ke Bupati Klaten sekaligus Ketua Gusgas Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, yang bersangkutan mempersilakan menanyakan hal itu ke juru bicara (jubir) Gusgas Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sama Jubir Gusgas ya,” kata Sri Mulyani secara singkat, kepada Solopos.com, Sabtu (11/4/2020).

Sedangkan pasien pertama di Klaten adalah T, 48, warga Kecamatan Klaten Tengah, dan dinyatakan positif pada Rabu (1/4/2020). Pasien T berjenis kelamin laki-laki itu memiliki mobilitas tinggi karena sering bepergian Klaten-Surabaya dan Klaten-Jakarta. Saat ini dia dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten.

Jumlah Pasien Corona Kota Solo Stagnan, ODP Naik Signifikan

Temuan pasien pertama positif corona di Klaten Tengah itu membuat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Klaten menetapkan kejadian luar biasa (KLB).

Terpisah, Jubir Gusgas sekaligus Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, memastikan terdapat tambahan satu pasien positif Covid-19.
“Saat ini, ada penambahan satu pasien positif Covid-19. Total pasien positif Covid-19 di Klaten ada dua orang,” katanya melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (11/4/2020).

1 PDP Corona Asal Juwiring Klaten Meninggal

Karantina

Cahyono Widodo mengatakan petugas kesehatan di Klaten sudah melacak sejumlah orang yang pernah kontak fisik dengan pasien positif Covid-19 asal Klaten Utara. Di antaranya, anggota keluarga, lingkungan kerja, dan lingkungan sekitar.

Hasil pemeriksaan terhadap warga yang kontak dengan pasien positif corona di Klaten Utara tersebut negatif Covid-19. Sejumlah orang yang sudah diperiksa kesehatan diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari terhitung kali terakhir kontak dengan pasien Covid-19 asal Klaten Utara.

“Hasil rapid test pada kontak erat serumah dan temah kerja itu negatif [kondisi pasien asal Klaten Utara yang dinyatakan positif Covid-19 dinilai stabil dan terus membaik],” katanya.

Pasien Corona Grobogan Sempat Jagong ke Gabugan Sragen, Ini Kondisi Warga

Selain pasien positif corona, Cahyono mengatakan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) secara kumulatif di Klaten hingga sekarang mencapai 787 orang. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Klaten mencapai 25 orang.

“Kami mengimbau agar msyarakat tetap tenang dan jangan panik. Pemkab Klaten telah berupaya menyiapkan segala hal terkait penanganan dan pencegahan Covid-19,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya