Tutup Iklan
Pasien Positif Corona Asal Mojosongo Solo Sembuh
Ilustrasi tes virus corona (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Seorang pasien terkonfirmasi positif corona asal Mojosongo, Solo, yang dirawat di RSUD dr Moewardi dinyatakan sembuh pada Kamis (26/3/2020) sore. Hasil swab tenggorokan menunjukkan hasil negatif sebanyak dua kali.

Pasien kelima asal Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, itu sudah diperbolehkan pulang. Pasien perempuan itu adalah kerabat pasien kedua yang meninggal dunia pada Selasa (24/3/2020) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan laporan dari RSUD dr. Moewardi menunjukkan hasil swab pasien tersebut negatif dua kali berturut-turut.

Pasien Positif Corona Wonogiri Sopir Bus Jurusan Bogor

Namun demikian, setelah dinyatakan sembuh dan diperkenankan pulang, Ning, sapaan akrabnya, tetap meminta pasien itu tidak keluar rumah guna meminimalkan kontak dengan warga lain.

“Memang sebenarnya Covid-19 itu bisa sembuh sendiri. Apalagi kalau daya tahan tubuhnya baik. Tapi jangan karena bisa sembuh sendiri itu lantas seenaknya sendiri. Tetap harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan jaga jarak,” ucap Ning, Kamis.

Ihwal penambahan kasus positif di Solo yang disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, dia mengaku belum mendapatkan laporan.

Tambah 1, Total Pasien Corona Meninggal di RSUD Dr. Moewardi 4 Orang

Ning bakal berkoordinasi terkait info itu dengan rumah sakit. “Mungkin dirujuk ke RSUD dr Moewardi, tapi belum tentu warga Solo. Makanya saya akan koordinasi dulu,” ucapnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, juga membenarkan informasi adanya pasien asal Mojosongo, Solo, yang dinyatakan sembuh.

Posko Siaga Karantina Mandiri Dibongkar

“Iya sudah sembuh, tapi masih dalam pantauan kami agar sehat terus. Prinsipnya kalau ada yang membaik saya senang sekali. Ini kabar baik ya,” jelasnya.

Soal adanya tambahan satu pasien lagi seperti disampaikan data secara nasional, Ahyani mengaku belum bisa memberi informasi detail. Hanya dia mengakui memang benar ada penambahan pasien satu orang.

Toko di Purwantoro Wonogiri Dibobol Maling, Pemilik Rugi Rp62 Juta

"Kalau satu orang yang meninggal informasinya terkait dengan yang suspect kemarin [asal Grogol, Sukoharjo]. Tapi detailnya kita tunggu keterangan dari provinsi atau rumah sakit," kata Ahyani.

Kendati pasien kelima di Solo ini dinyatakan sembuh, laman resmi data corona Pemprov Jawa Tengah, corona.jatengprov.go.id, pada Kamis pukul 21.00 WIB belum menunjukkan pembaruan.

Angka pasien sembuh masih nol, kemudian jumlah pasien terkonfirmasi positif corona yang dirawat di RSUD dr Moewardi berjumlah empat orang. Terdapat enam kasus meninggal akibat Covid-19.

Sebaran ODP & PDP Corona di Karanganyar Hampir Merata

Perinciannya empat orang meninggal di RSUD dr Moewardi Solo, satu orang di RSU dr Soedjono Magelang, dan satu orang di RSUP dr Kariadi Semarang. Total jumlah orang dalam pengawasan (ODP) 69 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 22 orang.

Sementara itu, Lurah Mojosongo, Winarto, saat dihubungi Solopos.com, Kamis sore, membenarkan pasien corona dari wilayahnya sudah sembuh. “Betul, pulang dari RSUD dr Moewardi Kamis sekitar pukul 15.00 WIB. Saya tidak menjemput, keluarga, tetangga, kerabat, Pak RT-RW yang menunggu,” ucapnya.

Winarto mengatakan menyusul kepulangan pasien kelima corona tersebut, posko siaga karantina mandiri belasan rumah di lokasi tempat tinggal pasien itu dibongkar. Kendati begitu, keluarga pasien kelima itu kondisi kesehatannya masih terus dipantau.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho