Kategori: Nasional

Pasien Covid-19 yang Sudah Sembuh Bisa Kembali Positif, Ini Penjelasannya


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA -- Pasien positif Covid-19 yang telah sembuh dapat kembali terpapar virus corona jika antibodi yang dihasilkan tubuh tak cukup kuat. Hal ini disampaikan Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

Karanganyar Tambah 4 Positif Covid-19, Termasuk Kontak Erat Warga Tawangmangu yang Meninggal

Wiku menyebut sudah ada laporan yang menyebutkan kejadian semacam itu. "Jadi apakah bisa terpapar? Bisa. Bisa terinfeksi lagi? Bisa juga, karena ada laporannya begitu," kata Wiku, Rabu (19/8/2020).

Wiku menjelaskan, pasien positif corona Covid-19 yang sudah sembuh bisa terpapar lagi jika antibodinya tidak cukup kuat. Antibodi terbentuk ketika pernah terinfeksi sebuah virus.

Penelitian Australia: Covid-19 Mudah Menular di Kelembapan Rendah, Indonesia Aman?

Antibodi yang sudah terbentuk itu akan melawan virus jika suatu waktu masuk kembali ke dalam tubuh. Namun, jika antibodinya tidak cukup tinggi, maka orang tersebut berpeluang terpapar kembali.

"Nah kapan itu enggak terlalu tinggi antibodinya? Ya kalau dia kondisinya engga bagus, atau waktu terinfeksi dulu dia pembentukan antibodinya engga penuh, otomatiskan konsentrasi antibodinya engga tinggi. Sehingga, kalau dia terinfeksi lagi, sedang dalam kondisi tidak bugar atau fit, potensi tertular lagi ya ada," bebernya.

Satgas Covid-19 Solo Catat 4 Kasus Positif Baru, Pasien Suspek Naik Kelas Terus Bertambah

Wiku pun mengingatkan agar masyarakat tetap berperilaku hidup sehat baik yang sudah pernah atau pasien telah sembuh dari Covid-19 atau yang masih terinfeksi virus corona dan yang belum. Serta, tetap mengikuti protokol kesehatan. "Maka dari itu prinsipnya berperilaku hidup sehat, makan sehat, istirahat cukup, olahraga cukup," tuturnya.

Kabur Seusai Tabrak Satpam Resto, Aksi Koboi Warga Sragen Digagalkan Kapolres Karanganyar

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf