SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Istimewa/Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sebanyak empat orang pasien Covid-19 asal Karanganyar meninggal dunia. Keempat pasien yang meninggal diketahui memiliki penyakit bawaan dan berusia lanjut.

Pasien Positif Covid-19 Solo Bertambah 5, Seluruhnya Kasus Mandiri

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketuga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karanganyar, Juliyatmono, ketika dihubungi Solopos.com Minggu (13/9/2020). Dia mengatakan perkembangan saat ini terdapat empat pasien meninggal dari Tasikmadu, Jatiyoso, Karanganyar, dan Colomadu. Keempatnya sebelum meninggal diketahui sudah mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

“Benar ada empat orang yang meninggal perkembangannya. Keempatnya usia lanjut semua. Paling muda umur 67 tahun, paling tua sekitar 80 tahun usianya. Mereka juga memiliki penyakit bawaan sesak nafas, jantung dan lainnya. Ditambah kondisi fisik yang lemah yang menyebabkan hal tersebut,” beber pria yang juga Bupati Karanganyar tersebut.

Terkait adanya tambahan kasus kematian Covid-19, Juliyatmono, mengimbau warga agar sadar protokol kesehatan masing-masing. Pasalnya, apabila tidak berhati-hati bisa berpotensi menularkan kepada anggota keluarga yang rawan. Sehingga, status zona merah Karanganyar bisa segera dicabut.

Waduh Biyung! Kasus Positif Covid-19 di Sragen Tambah 42

Pasien Covid-19 Karanganyar Meninggal

“Tindakannya saat ini lebih ke warga bagaimana bisa sadar dalam memperhatikan keamanan diri sendiri. Kasihan keluarga yang punya penyakit kronis, jangan sampai terulang kejadian ini. Karanganyar zona merah karena saat ini rasio kesembuhan lambat. Jika warga bisa membantu menekan potensi persebaran virus corona bisa membantu agar zona merah Karanganyar bisa turun,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan keempat pasien tersebut sudah dimakamkan sesuai protokol Covid-19. Diketahui pasien asal Jatiyoso dan Tasikmadu dirawat di RS dr Oen Jebres sebelum meninggal. Sedangkan pasien asal Karanganyar hasil swab keluar setelah pemakaman.

“Awalnya yang Karanganyar itu suspek saat meninggal tapi setelah hasil swab muncul ternyata positif hasilnya,” beber dia.

Ganjar: Bed Isolasi Covd-19 di Jateng Aman

Adanya tambahan eempat kasus tersebut membuat total kasus meninggal akibat Covid-19 di Karanganyar per Minggu (13/9/2020) sebanyak 19 orang. Total pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri maupun dirawat di rumah sakit sebanyak 46 orang dan sembuh 307 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya