SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi (Dok/JIBI)

Ilustrasi bayi

SOLO–Angka kelahiran di luar nikah yang dicatat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Solo meningkat semenjak diberlakukannya Jaminan Persalinan (Jampersal) pada 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kurun satu waktu bulan, sedikitnya terdapat dua bayi yang terlahir tanpa ayah. Tidak jarang, bayi-bayi tersebut ditinggalkan begitu saja oleh ibunya di rumah sakit.

Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan RSUD dr Moewardi, Hendrajana, menerangkan mudahnya persyaratan Jampersal membuat siapa saja bisa melahirkan gratis di rumah sakit, termasuk ibu hamil tanpa suami.

Untuk mendapatkan Jampersal, seorang wanita hamil hanya perlu mengumpulkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Pihak rumah sakit tidak perlu mengonfirmasi keberadaan suami untuk urusan administrasi persalinan.

“KK-nya tidak perlu punya suami, bisa KK wanitanya saja. Asal mau ditempatkan di Kelas III, bisa langsung ditangani persalinannya,” urai Hendra kepada wartawan.

Kelahiran Jampersal

Anggota Staf Hukum dan Hubungan Masyarakat (Humas) RSUD dr Moewardi, Nuryani, menyatakan sejak diberlakukannya Jampersal, angka kelahiran di luar nikah meningkat drastis.

“Dulu ya ada yang melahirkan tanpa suami, tapi enggak sebanyak sekarang. Mungkin satu tahun lebih dari  10 kasus,” ujar dia.

Menurut Nuryani, mudahnya persyaratan memperoleh jampersal membuka peluang bagi wanita hamil tanpa suami untuk melahirkan gratis di rumah sakit. Terkadang, mereka menuliskan data suami dan istri yang lengkap, tapi setelah dicek ternyata fiktif.

“Seringnya yang seperti itu ya para PSK [pekerja seks komersial], ada juga pelajar. Mereka biasanya bingung ketika ditanya siapa nama suaminya, langsung galau,” tuturnya.

Beberapa wanita yang melahirkan tanpa suami bahkan langsung melarikan diri seusai melahirkan lantaran merasa tidak memiliki tanggungan biaya. Apabila dalam dua bulan bayi tersebut tidak diambil keluarganya, maka manajemen RSUD dr Moewardi akan menyerahkan ke Yayasan Anak Bangsa (YAB) Solo.

“Kami memang sudah buat kesepakatan dengan YAB, jadi kalau ada bayi tanpa ayah, alias anak Nyonya yang ditinggal lari ibunya akan dirawat oleh  YAB. Ada juga pelajar yang sengaja menitipkan anaknya ke YAB karena keluarganya malu,” terang Nuryani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya