SOLOPOS.COM - Pulau baru di Jepang (news.yahoo.com)

Solopos.com, TOKYO– Sebuah pulau baru ditemukan pascameletusnya gunung berapi di Jepang. Pulau tersebut diduga telah terangkat ke ujung selatan Tokyo.

Pulau ini memiliki diameter sekitar 660 kaki atau sekitar 200 meter. Letaknya disekitar lepas pantai pulau tak berpenghuni Ogasawara atau juga dikenal dengan sebutan Kepulauan Bonin,”ujar badan metorologi Jepang seperti dikutip Huffingtonpost, Kamis (21/11/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ahli vulcanologis dan penjaga pantai Hiroshi Ito mengatakan bahwa pulau baru tersebut mungkin akan terkikis seperti kejadian sebelumnya. Namun bisa juga bersifat permanen.

Dalam catatan sejarah, terakhir diketahui gunung di daerah tersebut meletus dipertengahan tahun1970an. Sebagian besar aktivitas vulkanik terjadi dibawah laut yang membentang ribuan meter sepanjang Palung Izu Ogasawara.

Saat ditanya tentang penamaan pulau baru tersebut, pihak pemerintah mengatakan, “Ini pernah terjadi sebelumnya dan beberapa diantaranya pulau baru tersebut menghilang kerena terkikis. Namun, jika memang pulau itu menjadi sebuah pulau permanen, maka kami akan sangat senang karena memiliki lebih banyak wilayah.”

Jepang memang dikenal memiliki ribuan pulau. Pada hamparan pulau-pulau tersebut membuat Jepang memiliki kekayaan sumber daya mineral yang melimpah. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan masayarakat di negara tersebut serta menambah devisa negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya