SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO — PT Pertamina Marketing Operation Region IV tetap mendistribusikan BBM dan elpiji setelah terjadinya erupsi Gunung Merapi. Erupsi Gunung Merapi Selasa (3/3/2020) mengakibatkan hujan abu di beberapa wilayah di Soloraya dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Unit Manager Communication & CSR MOR IV PT Pertamina, Anna Yudhiastuti, mengatakan saat hujan abu, jarak pandang memang menjadi salah satu tantangan bagi pihaknya dalam proses pengiriman BBM dan elpiji.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warga Lereng Merapi: Terbiasa dengan Erupsi, Tapi Tetap Hati-Hati

“Kami telah mengimbau para awak mobil tangka [AWT] untuk mengutamakan keselamatan seperti mengurangi kecepatan dan mengatur jarak aman,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (4/3).

Anna menjelaskan terkait dengan pasokan bahan bakar pesawat terbang, avtur, stok ini masih dalam jumlah yang cukup. Dalam hal ini pihaknya menyuplai avtur untuk Bandara Adi Soemarmo yang sempat ditutup nyaris sehari karena terdampak hujan abu erupsi Merapi pada Selasa (3/3/2020). Saat ini kebutuhan rata-rata harian di wilayah Bandara Adi Soemarmo adalah 50 KL/hari.

Begini Dahsyatnya Erupsi Gunung Merapi 2010

Sempat Terhenti

“Dikarenakan alasan keamanan, saat otoritas bandara melakukan penutupan, aktivitas pengisian pun kami hentikan sehingga bila pada keadaan normal kami dapat melayani pengisian avtur sebanyak 12 pesawat setiap harinya. Pada Selasa, kami hanya melayani pengisan avtur 9 pesawat,” imbuhnya.

Di tempat lain, yakni Terminal BBM Boyolali dan Terminal BBM Rewulu juga terdampak hujan abu Merapi, namun tidak mengganggu operasional. Menurutnya, kedua TBBM tersebut tetap melakukan penyaluran seperti biasa dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan para awak yang bertugas.

Ini Foto-Foto Dampak Hujan Abu Gunung Merapi di Soloraya

“Saat hujan abu turun, sekitar pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB, kami segera mengimbau para pekerja dan mitra kerja yang bertugas untuk menggunakan masker dan kaca mata untuk melindungi dari abu vulkanik gunung Merapi,” katanya.

Di sisi lain, Pertamina terus berupaya agar penyaluran BBM, elpiji, dan avtur berjalan dengan lancar. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait penyediaan BBM dan LPG, dapat menghubungi kontak Pertamina pada nomor 135. Selain itu melalui aplikasi Mypertamina yang dapat diunduh melalui Google Playstore atau Apple Store.

Diguyur Abu Erupsi Gunung Merapi, Warga Gatak Sukoharjo Santuy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya