Solopos.com, MADIUN – Petani di Kabupaten Madiun mengembangkan benih porang varietas Madiun-1 yang kini banyak diburu petani dari luar daerah. Menurut Ketua Yayasan Masyarakat Porang Indonesia (YMPI), Jumanto, porang varietas Madiun-1 yang telah bersertifikasi itu tinggi permintaannya setelah Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik pengolahan di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Madiun pada 19 Agustus 2021. Kini banyak petani dari luar daerah yang melakukan studi banding untuk bertanam porang di Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Seperti yang dilakukan sejumlah petani dari tiga desa di Trenggalek yang datang ke Madiun untuk belajar menanam porang. Tak hanya studi banding, para petani tersebut juga memesan bibit porang varietas Madiun-1 sebanyak 21 ton.

PromosiMitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

 

Ribua butir porang disiapkan untuk pembibitan di Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur. (Istimewa)

 

Sejumlah petani dari perwakilan kelompok tani di tiga desa di Trenggalek melakukan studi banding menanam porang di Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur. (Istimewa)

 

Petani dari luar daerah melihat keranjang yang digunakan untuk menyiapkan bibit porang varietas Madiun di Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur. (Istimewa)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi